Begini Loh Caranya Agar Ayam Bakar Matang dengan Sempurna

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:25 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Siapa yang tidak suka memakan ayam bakar? pasti para pecinta kuliner Indonesia sangat menyukai hidangan ini. Tapi, apakah Anda tahu bahwa untuk memasak ayam bakar memerlukan tata cara agar ayamnya matang secara keseluruhan?

Ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (15/12/2017) dalam acara "Terima Kasih Ibu Sajian Spesial dari Kecap ABC" menurut Chef William Gozali ada berikut beberapa tips agar mengetahui ayam bakar mempunyai tingkat kematangan yang sempurna.

"Ada dua cara, yang pertama cara yang paling bodoh adalah dengan menggunakan pisau, Kita potong. Lalu dicek, apakah daging yang kita potong masih juicenya atau enggak," katanya kepada Industry.co.id.

Lalu, Ia menambahkan tips yang kedua dengan cara merusak tekstur ayam itu.

"Caranya yang kedua, kita colok dengan termometer daging. Lalu. kalau suhunya sudah mencapai 68 derajat celcous, berarti sudah matang. Tetapi, kalau masih kurang dari 68 derajat celcius, berarti belum matang," lanjutnya.

Selain itu, William juga menjelaskan, untuk memasak ayam dengan tingkat kematangan yang sempurna juga tergantung jenis ayam dan berapa lama ayam tersebut dimasak.

"Kalau saya masak daging paha ayam,  nggak pernah ngitung. Kalau masak daging paha sampai lama ngga cepet kering karena mengandung lemak di dalamnya. Beda dengan daging dada, bisa sampai 30 menit hingga 45 menit masaknya. Dan, kalau dada akan lebih cepat kering ketika dimasak lama," pungkasnya.