KS-Sango Investasi US$95 Juta Produksi Baja Bernilai Tambah Tinggi

Oleh : Ridwan | Jumat, 15 Desember 2017 - 14:27 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan asal Jepang, Sango Corporation merealisasikan investasinya di Indonesia dengan megandeng PT Krakatau Steel (KS) untuk mengembangkan produk baja bernilai tambah tinggi yaitu, wire rod.

Nantinya, produk baja bernilai tambah tinggi tersebut akan di pasok untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif nasional.

"Ini merupakan milestone atau tombak sejarah untuk industri otomotif pendalaman struktur. Kementerian Perindustrian mendorong pendalaman struktur, beberapa waktu lalu untuk produk plastik sekarang produk wire rod. Dimana selama ini wire rod kita impor sekarang sudah bisa di pasok oleh KS," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenperin, Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Ia menambahkan, untuk tahap pertama, nilai proyek investasi tersebut sebesar US$ 95 juta. "Nantinya dalam kerja sama ini akan menghasilkan 40 ribu ton wire rod per tahun untuk kebutuhan industri otomotif. Dengan begitu akan menghemat devisa mencapai US$ 24 juta per tahun," terangnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan investasi ini maka supplai kepada industri otomotif dan spare part akan semakin baik karena quality control nya dijamin dan untuk delivery nya akan lebih terjaga.

"Dengan demikian jika terjadi masalah pada kualitas wire rod, maka pabrikan otomotif bisa langsung menyampaikanya ke KS-Sango," tutur Airlangga.

Sekedar informasi, kerja sama ini digagas dalam misi investasi yang dipimpin Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada pertemuan dengan CEO Sango pada Oktober 2016 lalu di Tokyo, Jepang.

Kemudian dilanjutkan dengan joint study model suplai industri wire rod di Indonesia dan survei market industri komponen otomotif berbasis wire rod.