Kawasan Industri Kaltara Diharapkan Bisa Seperti Suzhou Industrial Park

Oleh : Herry Barus | Rabu, 29 November 2017 - 06:54 WIB

INDUSTRY.co.id - Nunukan- Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie menginginkan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Mangkupadi Kabupaten Bulungan mirip dengan Suzhou Industrial Park di Tiongkok.

Hal itu disampaikan Irianto dalam keterangan pers yang di terima awak media setelah mengunjungi Suzhou Industrial Park dalam rangkaian Global Maritime Fulcru dan Belt Road Initiative (BRI) atau One Belt and One Road (OBOR di Beijing, Tiongkok.

Menurut Irianto Lambrie , Ia bersama delegasi dari tiga provinsi lainnya sangat terinspirasi suasana di area Suzhou Industrial Park dimana di kawasan itu lengkap dengan sejumlah perusahaan berbagai bidang seperti manufacturing, dry port, information Tecnologi, furniture, biomedical dan lain-lainnya.

Selain industri juga di kawasan tersebut terdapat pula pelabuhan internasional yang berada di sungai dengan aktivitas yang sangat sibuk rapi dan ramah lingkungan meskipun ukurannya tidak terlalu besar.

Suzhou Industrial Park yang dibangun 1994 atas kerja sama Tiongkok dengan Singapura dengan didanai China Development Bank (CDB). "Saya menginginkan KIPI di Mangkupadi (Bulungan) sama dengan Suzhou Industrial Park (Tiongkok)," akunya.

Keinginannya menyamakan KIPI dengan kawasan industri di Tiongkok ini dengan luas lahan 25.000 hektar ini dengan badan pengelola di bawah kendali negara.