Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

INDUSTRY co.id -Cikarang, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

PT Ethica merupakan perusahaan farmasi dari joint venture antara Fresenius Kabi AG Jerman dan PT SOHO Global Health Indonesia.

Pabrik yang menghabiskan dana mencapai Rp 1 triun ini berdiri di lahan seluas 4,3 hektar dan akan memproduksi obat injeksi.

Produk obat injeksi yang dihasilkan dari pabrik ini, ditujukan terutama untuk mendukung program nasional Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan kedepannya pabrik ini juga diperuntukkan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi farmasi produk-produk obat injeksi untuk pasar Asia, Australia, dan Eropa.

Semua pengembangan produk di pabrik ini dilakukan oleh anak bangsa sebagai sumber daya unggulan, sebagai upaya meningkatkan kemampuan sumber daya lokal melalui transfer pengetahuan dan teknologi dari global ke lokal.

Keberadaan pabrik ini juga merupakan bukti kemudahan berinvestasi di Indonesia dan sejalan dengan Instruksi Presiden No. 6/2016 mengenai Percepatan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.