Mikro Finance Butuh Pembiayaan Syariah

Oleh : Wiyanto | Rabu, 22 November 2017 - 12:04 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Industri keuangan diharapkan dapat berani membiayai mikro finance. Ini adalah ladang ibadah perjuangan membantu masyarakat kecil.

Ketua BPH Masyarakat Ekonomi Syariah Muliaman D Hadad mengatakan, tujuan membantu pembiayaan mikro finance agar masyarakat dapat sejahtera.

"Kalau keuangan syariah masuk mainstreem ke pembiayaan. Seperti membiayai kecil-kecil atau islamic mikro finance, ini ladang ibadah. Ada ribuan BMT, butuh  pengasuh untuk sekala kecil membangun jadi kekuatan lebih bertenaga. Kalau dibiatkan sendiri akan sulit," kata dia pada seminar ekonomi syariah 'Masa Depan Perkembangan Ekonomi Syariah di Indonesia' yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Apa yang dikatakan mantan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tersebut, sebagai langkah memjawab keinginan presiden Indonesia agar negara sendiri menjadi keuangan syariah.

"Ingat pesan presiden kenapa Indonesia enggak jadi pusat syariah global? Padahal potensi besar," katanya.

Potensi Indonesia untuk mengembangkan ekonomi syariah, kata dia, tumbuhnya kelas menengah. Itu pasar besar yang mampu menumbuhkan syariah.

"Berkembang kelompok menengah milenial jadi perkembangan, serta kelompok menengah di Indonesia. Muncul kebutuhan wisata berkembang midle income," katanya.