Kemenperin Harapkan Omah Mebel dan Kerajinan Tingkatkan Promosi Produk IKM di Pasar Global

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 November 2017 - 10:39 WIB

INDUSTRY co.id -Solo - Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan, Surakarta merupakan pilihan yang tepat sebagai tempat promosi produk IKM. Pasalnya, kota ini termasuk salah satu destinasi utama bagi wisatawan mancanegara.

Hal tersebut ia sampaikan saat mewakili Menteri Perindustrian pada acara Peluncuran Omah Mebel dan Kerajinan di Gedung Badan Koordinasi Wilayah II Banjarsari, Surakarta, Senin (20/11/2017).

Gati berharap, Omah Mebel dan Kerajinan menjadi gerbang peningkatan promosi dan pemasaran produk IKM mebel dan kerajinan asal Jawa Tengah khususnya Surakarta di kancah global, sehingga memberikan kesempatan kepada pembeli potensial untuk melihat dan menegosiasikan bisnisnya secara langsung dengan para pelaku IKM.

 ”Multiplier effect ini akan berdampak positif bagi masyarakat dan tentunya bagi para pelaku IKM,” kata Gati. 

Peserta yang mengisi rumah promosi tersebut adalah IKM mebel dan kerajinan binaan Kemenperin, yang tergabung dalam anggota Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Asal Solo Raya (KIMKAS). 

“Jadi, rumah ini merupakan kolaborasi antara Kemenperin, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Surakarta, KIMKAS dan Bank Rakyat Indonesia (BRI),” ungkapnya.