BI Gencarkan Transaksi Pembauaran Non Tunai

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 November 2017 - 19:05 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bank Indonesia menggencarkan sistem pembayaran non tunai guna mewujudkan transaksi yang aman, efisien dan praktis.

"Selain itu, perencanaan ekonomi lebih akurat, transparan serta efisien," kata Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Pungky P Wibowo di Jakarta, Senin (20/11/2017)

Ia menyebutkan, transaksi non tunai seperti elektronifikasi agar masyarakat bertransaksi tidak menggunakan uang kontan.

Menurut dia, strategi transaksi melalui kelektronifikasi itu guna memperluas akseptasi non tunai di masyarakat dengan program-program pemerintah.

Pungky menjelaskan, transaksi pembayaran dengan non tunai sistem elektronifikasi itu digunakan untuk pembayaran jalan tol, bantuan sosial, moda transportasi dan "cash management system" seperti untuk bantuan dana desa dan bantuan operasional sekolah.

Di sisi lain, dia mengharapkan media massa dapat menginformasikan kepada masyarakat terkait sistem pembayaran non tunai seperti program elektronifikasi.

Selain itu, media massa dapat menjadi penghubung antara regulator dan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi. Menjadi sumber informasi yang dipercaya serta menjadi penyampai kebijakan baru.

"Media sebagai 'influence' masyarakat untuk mendorong elektronifikasi transaksi non tunai," ujarnya. (Ant)