Berkunjung ke Thai Auto Summit Group, Menperin Belajar Banyak

Oleh : Ridwan | Senin, 20 November 2017 - 07:24 WIB

INDUSTRY.co.id - Bangkok, Dalam kunjungan kerjanya ke Thailand akhir pekan lalu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengunjungi pabrik komponen dan pusat pelatihan Thai Auto Summit Group.

"Thai Summit Group adalah produsen onderdil mobil terkemuka di Thailand yang memiliki peran penting dalam mendorong industri suku cadang mobil di negara tersebut," ujar Airlangga

Thai Summit Group sendiri sebagai produsen komponen utama untuk industri otomotif, mesin pertanian, industri alat listrik, dan masih banyak lagi, termasuk mesin yang digunakan dalam produksi.

Industri otomotif merupakan industri andalan perekonomian Indonesia. Industri otomotif memiliki efek berantai yang cukup luas, yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja.

"Industri otomotif juga merupakan salah satu sektor yang menjadi tolok ukur dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Saat ini, produksi otomotif Indonesia terus meningkat, yang membuktikan daya beli masyarakat masih bertenaga," katanya.

Selain itu, Kementerian Perindustrian juga terus memacu daya saing dan produktivitas industri yang berperan dalam pengembangan sektor pertanian. Upaya ini sebagai pengimplementasian pada program Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

"Sektor pertanian membutuhkan dukungan dari sektor industri agar kegiatan pertanian lebih efektif dan efisien. Selain itu, agar kegiatan pertanian juga dapat dilakukan lebih intensif dengan hasil yang lebih besar sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani," ungkap Menperin.

Oleh karena itu, Kemenperin pun berkepentingan untuk terus mendorong pengembangan industri alsintan di Tanah Air. Hal ini sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo agar mengoptimalkan penciptaan lapangan kerja di daerah utamanya di desa.