Gerbang Betawi Lestarikan Budaya dan Kesenian Asli Jakarta

Oleh : Wiyanto | Rabu, 25 Oktober 2017 - 19:42 WIB

INDUSTRY co.id -Jakarta-Kebudayaan betawi mulai banyak dilestarikan oleh para stake holder. Pelestarian kebudayaan betawi salah satunya muncul dengan kehadiran Gerakan Kebangkitan (Gerbang) Betawi.

Menurut Ketua Panitia Prof. Sylviana Murni Gerbang Betawi bukan gerakan politik dan tidak akan menjadi gerakan politik. Ini murni melestarikan budaya Betawi.  Dalam event ini, berbagai literatur karya orang Betawi dan varian kuliner dan berbagai kesenian asli Betawi turut meramaikan event Gerbang Betawi sejak 25-29 Oktober 2017.

&ldquo Gerbang Betawi dibangun atas dasar kemandirian. Gerbang Betawi merupakan gerakan Intelektual dan profesional," kata dia di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Mantan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menyebutkan dalam rangkain acara ini, selain berbagai kesenian Betawi, akan ada video pemetaaan sejarah Betawi. Adapun  peluncuran resmi Gerbang Betawi dilaksanakan 29 Oktober 2017.

" Gerakan ini diharapkan berfungsi sebagai agen perubahan atas pola pikir, perilamu dan pola rasa masyarakat Betawu menuju ke arah yang lebih baik," kata Sylviana.

Sebagai catatan Gerbang Betawi adalah lanjutan dari perjuangan KMB (Keluarga Mahasiswa Betawi) yang didirikan tahun 1978.