Pabrik Kereta INKA Banyuwangi Akan Serap 1.000 Tenaga Kerja

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 23 Oktober 2017 - 06:20 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Industri Kereta Api (INKA) akan meresmikan pabrik barunya di Banyuwangi, dan mulai beroperasi di 2019. Pihaknya menargetkan industri INKA di Banyuwangi bisa menyerap hingga 1000 tenaga kerja. Kedepannya Banyuwangi bisa membangun SMK kereta api selain SMK Perkapalan yang sudah ada.

Tenaga kerja perkeretaapian memang membutuhkan spesialisasi khusus. Selama ini untuk memenuhi tenaga kerja di Madiun saja kekurangan. Maka kami akan bekerjasama dengan SMK yang ada di Banyuwangi untuk bisa mensuplai tenaga kerja bagi INKA, kata Direktur Keuangan dan SDM PT INKA Mohamad Nur Sodiq dalam keterangan persnya, Minggu (22/10/2017)

Sementara itu Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko menyambut baik rencana pembangunan pabrik baru PT INKA. Pemerintah daerah akan memberikan support yang dibutuhkan oleh PT INKA untuk kelancaran pembangunan industri tersebut.

Kami sangat senang Banyuwangi bisa menjadi lokasi pembangunan pabrik PT INKA. Apalagi industri ini akan menyerap banyak tenaga kerja putra putri daerah lulusan SMK, tentunya dengan dibekali keahlian khusus. Kami berharap segala sesuatunya bisa berjalan dengan lancar, pungkas Wabup Yusuf

Sebagai informasi, PT INKA menginvestasikan Rp 600 miliar dalam membangun pabrik keduanya tersebut. Rencananya lokasi industri yang akan dibangun di Banyuwangi berada di atas lahan seluas 200 hektar. Nantinya pabrik yang dibangun di Banyuwangi tersebut akan dijadikan pabrik kereta berbahan dasar stainless steel dan aluminium.