2018, Alibaba Akan Bangun Mall Pertamanya

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 22 Oktober 2017 - 10:37 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Jack Ma, founder Alibaba akan membangun pusat perbelanjaan bernama More Mall di kota Hangzhou, Tiongkok pada April 2018. Alibaba mulai melakukan strategi baru untuk hadir secara fisik di Tiongkok.

Dilansir dari CNBC kabarnya mal pertama berlantai lima yang hanya akan menampung merek Alibaba seperti pasar Tmall dan Taobao bersamaan dengan bisnis kelontong Hema. Tidak seperti mal-mal tradisional, mal yang dikendalikan oleh teknologi raksasa ini memiliki kamar pas dan rias , diantaranya.

Strategi ini akan memadukan unit online, offline, logistic, dan data di satu rantai nilai tunggal, kata Jack Ma. Alibaba akan memasukan teknologi ritel baru ke dalam More Mall, termasuk cermin penguji makeup berteknologi tinggi dan ruang pas virtual.

Mal itu dibangun diatas lahan seluas 40.000 meter persergi dan di jadwalkan dibuka pada April 2018. Saat ini para pekerja konstruksi sedang dalam tahap penyelesaian interior bangunan More Mall. Di Amerika, Amazon juga mulai hadir offline setelah member jaringan ritel toko Whole Foods yang secara tidak langsung melukai peritel grosir lainnya.

Saat ini e-commerce memberikan kontribusi sekitar 15 persen dari total ritel di Tiongkok. Ini juga merupakan tonggak sejarah yang menandai kematangan model bisnis online-ke-offline (O2O),tandasya