Presiden Jokowi Resmikan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Setelah 29 Tahun Menunggu

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Oktober 2017 - 13:41 WIB

INDUSTRY.co.id - Lombok Tengah - Setelah menunggu selama 29 tahun, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah akhirnya diresmikan. Peresmian dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat (20/10/2017) di Lombok Tengah, NTB.

Jokowi mengatakan, KEK Mandalika telah menunggu selama 29 tahun untuk bisa beroperasi. Persoalan pembebasan lahan menjadi alasan di balik lambannya pengembangan KEK Mandalika.

"Urusannya (Mandalika) dari 29 tidak rampung-rampung karena pembebasan lahan," ujar Presiden Jokowi saat meresmikan KEK Mandalika di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah.

Menurut Presiden Jokowi, hal ini yang membuat investor ragu untuk menanamkan modalnya di kawasan yang berada di selatan Pulau Lombok tersebut. "Waktu saya ke sini, saya tanyakan problemnya apa sih, apakah tanahnya mahal atau masyarakat tidak mendukung," lanjut Jokowi.

Ternyata, kata Jokowi, masyarakat sekitar mendukung pengembangan KEK Mandalika. Pun dengan harga pembebasan lahan yang masih dalam taraf wajar.

"Saya kejar terus, ternyata hanya selembar kertas payung hukum untuk pembebasan lahan. Pak Gubernur takut Pak bupati takut, kita rapat sekali di Istana, keluar inpres dan enggak ada dua bulan, pembebasan selesai," ucap Jokowi.

Jokowi meminta seluruh pihak yang terlibat dalam pengembangan KEK Mandalika untuk bekerja secara detail agar pengembangan KEK Mandalika sebagai kawasan destinasi bertaraf internasional bisa segera terealisasi.

"Hal seperti ini kalau bekerja tidak detail ya enggak rampung-rampung, saya kalau enggak ke sini ya enggak ngerti. Menko (perekonomian) saya perintah ke sini untuk ngecek," kata Jokowi.