Indonesia Berperan Terdepan Tangani Masalah Rohingya Myanmar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 18 Oktober 2017 - 18:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Dino Patti Djalal mengatakan Indonesia mengambil peran terdepan dalam masalah Rohingya.

"ASEAN tentu memperhatikan masalah Rohingya ini, dan dalam hal ini Indonesia mengambil peran yang terdepan untuk menangani hal ini, mengapa? Karena Indonesia mempunyai hubungan yang dapat dikatakan khusus dengan Myanmar dan juga perhatian dalam negeri yang cukup besar terhadap masalah Rohingya," katanya di Jakarta, Rabu.

Dino menuturkan hari-hari ini masalah yang menjadi sorotan dunia lebih kepada tantangan kemanusiaan bukan invasi militer.

"Di Eropa sendiri ini menjadi nomor satu yaitu isu mengenai imigran yang datang dari Timur Tengah. Nah di Asia Tenggara tantangannya adalah Rohingya," ujarnya.

Mantan Wakil Menteri Luar Negeri RI itu mengatakan Indonesia juga tampaknya cukup dipercaya dalam komunikasi dengan pemerintah Myanmar.

"Jadi tanggapan dari ASEAN ada dan mekanismenya itu Indonesia mengambil garis terdepan masalah Rohingya. Tapi memang untuk masalah ASEAN ke depan ini masalah nontradisional seperti ini akan menjadi perhatian bagi ASEAN yang lebih besar.

"Masalah ini (masalah Rohingya) sebenarnya adalah masalah yang sudah cukup lama, dan tidak akan ada solusi dalam waktu dekat karena masalah ini sensitif mengenai kewarganegaraan orang Rohingya yang masih 'stateless' (tanpa kewarganegaraan) sekitar 1 juta orang lebih," tutur mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat itu. (Ant)