BUJT-Perbankan Beri Diskon Kartu Perdana E-Toll

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 Oktober 2017 - 09:41 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan perbankan berencana memberi insentif secara bersama-sama berupa diskon pembelian kartu elektronik (e-toll) sebesar Rp20 ribu agar mempercepat pengalihan ke transaksi elektronik.

"Insentif diberikan dalam bentuk diskon, BUJT dan perbankan masing-masing memberikan diskon Rp10.000 untuk pembelian kartu perdana sehingga total diskon Rp20.000," kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (11/10/2017)

Sebelumnya, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendesak pemerintah dan para pihak terkait untuk memberikan kompensasi tarif bagi pengguna tarif nontunai atau kartu elektronik (E-toll).

"Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Badan Pengatur Jalan Tol, dan pengelola tol seharusnya dapat memberikan insentif tarif kepada pengguna tol yang sudah menggunakan e-toll," kata Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi.

Menurut Heru, dengan adanya diskon Rp20.000, tersebut, ketika melakukan pembelian kartu perdana, maka konsumen tidak perlu membayar harga kartu perdana dan cukup membayar jumlah rupiah yang sama dengan saldo yang konsumen dapatkan.

"Periode berlakunya penawaran ini adalah 16 Oktober-31 Oktober 2017," katanya.

Heru menegaskan, program ini lebih ditujukan kepada mereka yang belum memiliki kartu uang elektronik, sehingga bagi yang sudah memilki dihimbau untuk tetap menggunakan kartu yang sudah dimilikinya dan menggunakan kartunya secara berkala dengan "top up" (menambah jumlah nilai tunai) saldo melalui saluran yang sudah disediakan oleh masing-masing bank penerbit uang elektronik.

"Kami berharap melalui program insentif ini 21 persen pengguna jalan tol dapat segera berpindah menggunakan transaksi elektronik, sehingga pada akhir Oktober target Pemerintah untuk 100 persen transaksi elektronik di jalan tol dapat tercapai," kata Heru.