Konsumsi Semen Tumbuh Didongkrak Pembangunan Infrastruktur

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Oktober 2017 - 09:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Palembang- Konsumsi semen dalam negeri pada Agustus 2017 tercatat sebesar 6,47 juta ton atau tumbuh sebesar 9 persen secara tahunan (year on year) karena didongrak maraknya pembangunan infrastruktur di sejumlah daerah.

Ketua Asosiasi Semen Indonesia Widodo Santoso di Palembang, Senin (2/10/2017) mengatakan secara kumulatif, penjualan semen domestik sepanjang Januari 2017 hingga Agustus 2017 tercatat sebesar 41,1 juta ton atau meningkat 5,6 persen year on year.

"Konsumsi semen nasional mulai menggeliat di semua daerah, kecuali Kalimantan dan Nusa Tenggara yang mengalami penurunan. Pembangunan infrastruktur di Jawa, Sumatra, Sulawesi dan Indonesia Timur kelihatan mulai lancar," ujar Widodo yang dijumpai di seminar di Palembang.

Dalam seminar bertemakan "Tinjauan Kebijakan, Pelaksanaan dan Permasalahan Bangunan Berbasis Beton di Sumsel ", ia mengatakan bahwa apabila dirinci, Jawa mencatatkan pertumbuhan konsumsi semen paling besar pada Agustus 2017, yakni sebesar 14 persen year on year.

Kemudian disusul kawasan Indonesia Timur sebesar 12,6 persen, konsumsi di Sulawesi dan Sumatra tercatat masing-masing sebesar 11 persen dan 5 persen secara tahunan. (Ant)