Dirjen IKM: Ponsel Jangan Hanya Digunakan Untuk Medsos, Harusnya Dimanfaatkan Untuk Jual Produk

Oleh : Ridwan | Senin, 25 September 2017 - 19:14 WIB

INDUSTRY.co.id - Sidoarjo, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih meyampaikan, semakin banyaknya platform yang mendukung ekonomi digital, semestinya pelaku IKM nasional segera memanfaatkan peluang tersebut untuk menjangkau konsumen semakin besar.

"Ponsel yang digunakan untuk telepon, sms, whatsapp dan medsos harusnya bisa dimanfaatkan untuk jual produk. Dengan adanya marketplace, IKM punya wadah lain untuk promosi dan jualan," ujar Gati di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (25/9/2017).

Di samping itu, menurut Gati, pelaku IKM harus memiliki strategi baru untuk memasarkan produk dengan efektif sekaligus rendah biaya. "Kami telah memfasilitasi akses pembiayaannya melalui KUR, meningkatkan keterampilan pemilik IKM melalui berbagai pelatihan teknis dan pendampingan Tenaga Penyuluh Lapangan," ungkapnya.

Dalam aspek pemasaran, pelaku IKM dalam negeri juga telah diberi kesempatan untuk mempromosikan produknya lewat beragam kegiatan pameran di Plasa Pameran Industri, Gedung Kemenperin, Jakarta.

"Jika produknya diminati masyarakat, IKM tersebut bisa naik kelas ke pameran nasional dan produk terunggul, bahkan diberikan kesempatan untuk merangkul konsumen internasional melalui pameran di luar negeri," tutur Gati.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto berharap, melalui e-Smart IKM, produk-produk asli Indonesia yang berkualitas bisa membanjiri pasar perdagangan elektronik atau e-Commerce di dalam negeri maupun global. "Apalagi, saat ini sedang terjadi tren peralihan transaksi dari pasar offline ke pasar online," katanya.