Realisasikan 1 Muharam dengan Perubahan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 September 2017 - 03:39 WIB

INDUSTRY.co.id - Medan- Sosiolog dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Dr Ansari Yamamah mengatakan umat Islam di Indonesia harus mampu merealisasikan peringatan 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam dengan melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik.

"Perubahan itulah yang menjadi subtansi hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW," kata Ansari di Medan, Kamis (21/9/2017)

Dalam kehidupan sosial, kata Ansari, setidaknya ada dua pola perubahan yang harus dilakukan umat Islam di Indonesia yang berkaitan dengan pola pikir.

Perubahan pertama berupa perubahan pola pikir dari konvensional menjadi modern dengan memadukan aspek dogmatis dengan unsur historis dan realistis.

Dengan demikian, kehidupan umat Islam Indonesia dalam bermasyarakat dan berbangsa tidak hanya atas pertimbangan dogma dan stigma, tetapi memperkayanya dengan logika dan sejarah.

Dengan pola itu, umat Islam di Indonesia dapat bersikap dengan pola pikir yang lebih terbuka dan tidak mudah dihasut dengan nilai-nilai yang melanggar norma. (Ant)