Pemerintah Perlu Strategi Besar Terait Kepala Sawit

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 September 2017 - 10:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah perlu membuat sebuah strategi besar yang efektif terkait dengan komoditas kelapa sawit yang merupakan salah satu barang ekspor unggulan yang dimiliki oleh perekonomian nasional.

"Pemerintah itu harus punya grand strategy atau road map sawit nasional," kata Anggota Komisi IV DPR Hamdhani dalam rilis, Rabu (20/9/2017)

Menurut dia, produksi kelapa sawit terbukti bisa mengatasi kesenjangan ekonomi masyarakat di sejumlah daerah seperti antara di pulau Jawa dan luar Jawa.

Politisi Partai Nasdem itu juga meningatkan bahwa Malaysia sebagai negara kompetitor telah memiliki aturan yang baku sehingga bila Indonesia tidak membuat regulasi yang tepat maka tidak tertutup kemungkinan posisi RI sebagai penguasa pasar minyak sawit mentah dapat tergeser.

Sebagaimana diwartakan, Indonesia bisa kehilangan pasar di India jika pemerintah tidak segera melakukan negosiasi bilateral menyusul pengenaan bea masuk hingga dua kali lipat terhadap minyak sawit mentah (CPO) dan produk olahan minyak sawit ke negara di kawasan Asia Selatan tersebut.

"Selain pasar yang besar, India juga bukan pasar yang rewel menuntut berbagai macam kriteria keberlanjutan seperti Eropa atau Amerika. Sayang jika kita kehilangan pasar yang demikian potensial," kata Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Joko Supriyono dalam keterangan tertulisnya saat mengikuti acara Indonesia-Indonesia Business Forum on Palm Oil di Mumbai, Rabu (13/9).