Menperin Airlangga: Arsip Itu Ibarat Emas

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 September 2017 - 16:11 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dalam rangka menerapkan penyelenggaraan kearsipan yang mampu mendukung program reformasi birokrasi Kemenperin.

"Arsip atau data kami ibarat seperti emas, pengelolaan arsip yang tertib sangat membantu kerja. Proses digitalisasi arsip sangat penting untuk memudahkan mencari dan menjaga arsip," ujar Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Kantor Kemenperin, Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Menperin menambahkan, untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, terpercaya dan akuntabel terutama pada unit kerja pusat dan daerah, maka seluruh pimpinan Kemenperin wajib melaksanakan GNSTA.

"GNSTA ini diperlukan untuk peningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan di seluruh unit kerja Kementerian Perindustrian," terangnya.

Menurutnya, GNSTA harus dilaksanakan secara profesional dengan pembenahan di berbagai aspek seperti aspek kebijakan, organisasi, sumber daya manusia kearsipan, sarana dan prasarana, pengelolaan arsip, dan pendanaan di bidang kearsipan.

"Dengan adanya komitmen pimpinan Kementerian Perindustrian tentang pelaksanaan GNSTA, kami menginstruksikan agar seluruh pimpinan dan aparatur unit kerja segera melaksanakan program GNSTA," tutur Airlangga.