Buka IBD Expo 2017, Presiden Jokowi: Orang-Orang Era Digital Bekerja Sangat Dinamis

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 September 2017 - 14:52 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  Ajang tahunan Indonesia Business and Development Expo atau IBD Expo 2017, resmi digelar oleh Kementerian BUMN yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC).

Mengusung tema Sinergi Indonesia Hebat, Gelaran IBD Expo 2017 diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di JCC Senayan Jakarta, Rabu (20/9/2017). Sekitar 100 perusahaan swasta Nasional dan Internasional (Singapura, Cina, dan Malaysia) pun ikut meramaikan ajang tahunan ini.

Dalam sambutanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan orang-orang dalam era digital akan mengalami perubahan dengan bekerja sangat dinamis.

Dia mencontohkan, orang-orang yang menjadi supir gojek, grab dan uber misalnya, tidak semuanya memiliki pekerjaan utama sebagai supir. Menurut Presiden Jokowi, pekerjaan tersebut hanyalah sebagai sampingan atau dengan kata lain mereka memberdayakan aset mereka menjadi sesuatu yang bernilai produktif.

"Orang-orang ini seringkali bukanlah supir atau punya hotel tapi ini hanya sampingan. Atau menggunakan sarana yang menganggur," jelas Jokowi di Acara IBD Expo 2017, di JCC Senayan Jakarta, Rabu (20/9/2017).

Jokowi menilai, hal ini dapat membuat segalanya menjadi lebih efisien. Dengan adanya transisi dari offline ke online ini, tentunya akan memberi dampak yang sangat dahsyat dari sisi produksi. "Produsen harus mencermati, teliti melihat, pergeseran ini harus ke mana," jelas Jokowi.