Industri Pengolahan Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Sawit Global

Oleh : Ridwan | Jumat, 15 September 2017 - 11:28 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, industri sawit merupakan salah satu sektor strategis bagi Indonesia karena sebagai produsen dan eksportir terbesar dunia.

"Sektor ini mampu menyerap tenaga kerja mencapai 21 juta orang baik secara langsung maupun tidak langsung. Kontribusi kelapa sawit juga mencapai US$ 20 miliar pada tahun 2016," ungkap Airlangga di Jakarta (15/9/2017).

Ia menambahkan, dalam bidang industri pengolahan, Indonesia berpeluang menjadi pusat industri sawit global untuk keperluan pangan, non pangan, dan bahan bakar terbarukan.

Berdasarkan catatan Kemenperin, Indonesia berkontribusi sebesar 48 persen dari produksi CPO dunia dan menguasai 52 persen pasar ekspor minyak sawit.

"Ini menjadi kekuatan yang sangat besar pada konstelasi pasar domestik dan internasional bagi produk hilir minyak nabati," imbuh Airlangga.  

Lebih lanjut, Menperin mengungkapkan, industri sawit nasional harus memperkuas jaringan-jaringan bersama Eropa. Hal tersebut guna membuka pintu ekspor bagi sawit Indonesia ke negara Eropa.

"Selain Palm oil Indonesia yang sering dikonotasikan dengan jelek, dengan memperluas jaringan ke Eropa kita berharap akan membawa nama baik sawit Indonesia," pungkasnya.