Properti Stagnan Karena Pelaku Pasar Masih "Wait and See"

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 14 September 2017 - 18:53 WIB

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Pasar properti hingga semester I-2017 masih belum membaik. Hal tersebut diakui oleh Real Estate Indonesia (REI) bahwa penjualan properti masih belum menunjukkan pertumbuhan. Pasalnya masyarakat masih wait and see untuk berinvestasi khususnya di sektor properti.

"Jadi kepercayaan masyarakat untuk belanjakan uangnya itu rendah. Baik sebagai investasi maupun untuk beli kebutuhan rumah primernya. Jadi orang istilahnya katanya wait and see," kata Ketua UmUM DPP REI, Soelaman Soemawinata kepada awak media di ICE BSD City, Tangerang, Kamis (14/9/2017).

Untuk itu, melalui pameran Indonesia Future City & REI Mega Expo 2017 diharapkan pertumbuhan industri properti bisa meningkat. Pameran ini juga menunjukkan bagaimana peran REI dalam mendukung program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh pemerintah.

Meski begitu, Soelaeman menyebut tak ada target khusus yang dipasang dalam pameran kali ini. Menurut dia efek lain yang muncul dalam menggairahkan pasar properti di Indonesia lebih dari sekadar target angka yang diinginkan.

"Ini memang bukan berdasarkan target. Tapi target itu berdasarkan kenyataan dari yang dibangun tahun lalu. Tahun lalu kan non subsidi, apartemen mewah dan lain lain itu hampir 250 ribu. Nah sekarang REI menargetkan 200 ribu unit MBR, berarti kan hampir 450 ribu unit," pungkasnya.