Menperin Airlangga: Film Merupakan Industri Kreatif yang Terus Didorong Untuk Maju

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 September 2017 - 15:29 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini (13/9/2017) menerima kunjungan sutradara berbakat tanah air, Iman Brotoseno di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta.

"Dalam pertemuan tersebut, kami membahas kemajuan industri kreatif di Indonesia termasuk industri Film Indonesia yang semakin berkembang," ungkap Airlangga melalui keterangan tertulisnya.

Ia menambahkan, salah satu karya beliau (Imam Brotoseno) yang mencuri perhatian adalah film 3 Srikandi. "Film merupakan industri kreatif yang terus kita dorong untuk maju," terangnya.

Seperti diketahui, perkembangan industri perfilman Tanah Air kian terasa. Tak hanya dari jumlah film dan penonton yang semakin meningkat, sejumlah kebijakan pemerintah juga kian mendukung perkembangan industri kreatif ini.

Sebelumnya, Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky Joseph Pesik mengatakan, kami (Bekraf) sebagai pendukung industri kreatif, selalu memberikan dukungan dan usaha-usaha untuk meningkatkan nilai tambah industri perfilman.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) belum lama ini telah membuka keran investasi asing lewat penghapusan Daftar Negatif Investasi (DNI) pada 2016. Tak hanya itu, dalam hal pengawasan dan perlindungan hak kekayaan intelektual, untuk menanggulangi tingkat pembajakan film, Bekraf secara khusus membentuk Satuan Tugas Penanganan Pengaduan Pembajakan Produk Ekonomi Kreatif.

"Diharapkan dengan dibukanya keran investasi akan menarik investasi di sektor film dan semakin menggairahkan industri film di Indinesia," pungkasnya.