Dirut PT Telkom Pastikan Sepuluh September Migrasi Satelit Kelar

Oleh : Wiyanto | Rabu, 30 Agustus 2017 - 14:46 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Telkomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) sedang memulihkan ground segmen yang tidak aktif karena masa berlaku satelit 1 sudah selesai masa baktinya. Padahal diperkirakan masa bakti satelit ini bisa digunakan sampai tahun depan.

Alex J Sinaga Direktur Utama Telkom mengatakan, pemulihan tersebut dengan melakukan migrasi ke transponder satelit 2  dan 3. Jika kapasitas tidak memenuhi, dimasukan ke satelit asing.

"Kita fokus untuk pemulihan  ke satelit lain. Hasil investigasi yang dilakukan Telkom bersama Lockheed Martin selaku pabrikan Satelit 1 ternyata tidak berfungsi lagi," kata dia di Jakarta, Rabu (30/8/2017).

Ia menjelaskan pelanggan satelit ini mencapai 63 institusi.  Pelanggan Telkom ada yang langsung dan tidak langsung. Namun Telkom menyatakan siap membantu sampai ke pelanggan yang tidak langsung.

Progres pemulihan baru 55%, dari 29,26 transporder equivalent dan jumlah site mencapai lebih dari 15.000 site. Diperkirakan oleh Alex, progres pemulihan sampai tanggal 10 September 2017.

"Kita upayakan ground segmen dapat selesai seluruhnya sebelas hari mendatang," jelas dia.