Palembang Ingin Buat Branding Kopi Jelang Asian Games 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 24 Agustus 2017 - 10:40 WIB

INDUSTRY.co.id, Palembang - Sebagai tuan rumah Asian Games 2018, Palembang, Sumatera Selatan mulai berbenah untuk menyambut perhelatan berkelas dunia itu.

Selain terkenal dengan Sungai Musi dan Pempek khas Palembang, kini jelang Asian Games 2018 terus menyughkan hal-hal yang menarik untuk dikenalkan pada peserta Asian Games ataupun wisatawan. Salah satunya yang sedang gencarnya yakni mempromosikan kopi khas Palembang.

Selasa, (22/8/2017) dalam acara Kreatifood 2017 di Benteng Kuto Besak, Palembang acara yang memfokuskan untuk promosikan kopi khas Palembang. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Sinaga, mengatakan, "Palembang ingin membuat branding sendiri untuk memperkenalkan kopi Palembang kepada wisatawan ataupun masyarakat," imbuhnya.  

Ia ingin, jika kopi khas Palembangnya dibranding lebih kreatif. "Untuk branding yang pertama kalinya, Saya ingin dikemas dan diarahkan lebih kreatif, agar bisa menciptakan varian kopi yang dapat dinikmati masyarakat," lanjutnya.

Menurutnya, pembuatan kopi itu tergantung bagaimana proses pembuatannya yakni dimulai dari kualitas dari si petani kopi, pengolahannya hingga bagiamana cara barista tersbut sajikan, dan itu semua yang harus kami berikan edukasi kepada mereka.

"Untuk mempromosikan kopi khas Palembang ini, kami sudah bekerja sama dengan Bekraf dan mensertifikasi 100 barista di Sumatera Selatan, dan daerah yang terdapat agro wisata pembuat kopi kita kembangkan lagi," pungkas Irene Sinaga.