PT Pos Indonesia Siap Antarkan Logo Wonderful Indonesia ke Seluruh Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 16 Agustus 2017 - 12:50 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Melalui kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan brand lokal Indonesia yang diselenggarakan pada acara Wonderful Indonesia Co Branding Forum (WICF) di Gedung Sapta Pesona, Kamis (10/8/2017).

Salah satunya yakni PT Pos Indonesia, yang menjadi brand yang siap bersinergi dalam hal mempromosikan Wonderful Indonesia.

"PT Pos Indonesia punya komitmen kuat untuk mendukung perkembangan pariwisata nasional, dan selama ini kita juga sudah ikut menggelorakan pariwisata Indonesia, di mana salah satunya dengan mencetak Kartu Pos yang bergambar destinasi wisata," kata Abu Sofian, Brand Management Manager Divisi Marketing dan Corporate Communication PT Pos Indonesia, seperti dikutip dari laman facebook Kemenpar, Rabu (16/8/2017).

Kami sudah mencetak Perangko Seri Pariwisata, tambah Sofyan, perangko tersebut bergambar objek wisata dan sudah dicetak sejak tahun 1945.

"Salah satu contoh prangko yang mempromosikan pariwisata Indonesia adalah gambar Rumah Gadang Padang, Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, dan yang terbaru adalah KEK Tanjung Lesung," sambungnya.

Bulan Februari yang lalu, Perangko Seri Daerah Tujuan Wisata di launching serentak di Jakarta, Yogyakarta, Denpasar. Tiga kota tersebut dipilih sebagai tempat peluncuran karena ketiganya merupakan destinasi terkemuka di Tanah Air.

"Tiga kota ini juga merupakan pintu gerbang masuk dari wisatawan ke Tanah Air. Ketiganya memiliki daya tarik kuat Jakarta sebagai ibukota negara, DIY memiliki kebudayaan yang menarik dan alam yang eksotis. Sementara Denpasar dikenal sebagai destinasi wisata yang memiliki daya tarik di berbagai sudut kotanya," ungkapnya.

Untuk co branding dengan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia akan segera di-implementasikan pada media tampilan off air dan on air PT Pos Indonesia, termasuk di media sosial atau media online dan website PT Pos Indonesia.

"Nantinya kita berharap saat pengunjung website meng-klik Wonderful Indonesia atau Pesona Indonesia akan langsung tersambung ke website Pariwisata dan sebaliknya," ujarnya.

Diharapkan, selain stempel saat pengiriman PT Pos bisa bergambar logo Wonderful Indonesia, tapi kita sarankan agar pihak Kemenpar bisa membuat stiker kecil logo Wonderful Indonesia, nanti tinggal ditempelkan di amplop surat.

"Bayangkan, bila setiap hari ada 10 juta surat terkirim baik dalam ke luar negeri, maka betapa dahsyatnya Wondeful Indonesia terekspose ke seluruh negeri dan mancanegera. Tapi ini belum final , masih akan dibicarakan secara detail," ungkapnya.

Bagi Kemenpar, Kolaborasi dengan PT Pos Indonesia ,akan menjadikan promosi Wonderful Indonesia menjadi semakin efektif.

"Salah satunya, berbagai negara di dunia telah melakukan bentuk promosi pariwisata dengan PT Pos negaranya masing masing,"kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti

Seperti yang dilakukan Tiongkok, lanjut Esthy, Tiongkok telah brhasil mempromosikan obyek wisata yaitu jembatan melalui media prangko.

“Tiongkok punya seri jembatan. Bagi mereka, jembatan juga merupakan obyek wisata. Deskripsi informasi di prangko mereka lengkap,” pungkasnya.