Cukur Rambut Gembel Puncak Acara Dieng Dieng Culture Festival 2017

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 05 Agustus 2017 - 15:32 WIB

INDUSTRY.co.id - Banjarnegara-Cukur rambut gembel akan diselenggarakan pada Minggu (6/8/2017) menjadi kegiatan pemuncak DCF 2017 yaitu Pencukuran Rambut Anak Gembel. Anak berambut gembel adalah mereka yang memiliki rambut kusut bawaan lahir secara alami dan menjadi unsur khas masyarakat Dieng.

Dalam prosesi pencukuran itu para pesertanya harus mengalami berbagai tahapan sesuai tradisi seperti Kirab Anak Gembel dilanjutkan Jamasan dan diakhiri dengan pemotongan rambut mereka. Kegiatan ini menarik minat masyarakat termasuk awak media dari berbagai tempat.

Rangkaian acara inti Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF) 2017 akan berlangsung pada 4-6 Agustus 2017 dengan sebagian besar daftar kegiatan penting akan dilangsungkan di kompleks Candi Arjuna, Banjarnegara.

"Banyak sekali acaranya sampai ibarat ada festival dalam festival," kata Ketua Panitia DCF 2017 Alif Fauzi di Dieng Kulon, Banjarnegara, Kamis (3/8/2017)

Dia mengatakan sejumlah kegiatan besar itu juga diiringi kegiatan lainnya yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat seperti keliling kawasan wisata Dieng (terdapat Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna), Akustik Atas Awan, Kirab Budaya, Parade Kesenian, Minum Purwaceng Bersama-sama, Ekspo UKM, Wayang Ruwat dan lainnya.