Perkuat Komitmen Manajemen Mutu, IFG Life Raih Sertifikasi ISO 9001:2015

Oleh : Herry Barus | Selasa, 07 Mei 2024 - 10:19 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menegaskan komitmen untuk senantiasa memberikan layanan yang berkualitas dan berkesinambungan bagi masyarakat Indonesia melalui proses pelayanan yang cepat, transparan, serta bertanggung jawab dengan sistem manajemen mutu berstandar internasional.

IFG Life telah mengimplementasikan sistem manajemen mutu dalam proses kerjanya, di mana sistem manajemen mutu tersebut telah meraih sertifikasi ISO 9001:2015 dengan ruang lingkup Provision of Underwriting, Policy Management, Claim Management, Management of Payment Receipt, dan Customer Management. Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan standarinternasional yang digunakan untuk menetapkan kebijakan dan sasaran mutu (quality objective) yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi terpercaya yaitu TÜV SÜD Indonesia.

Direktur Operasional IFG Life Iskak Hendrawan  (Selasa  7/5/2024) menjelaskan, melalui sertifikasi ini IFG Life berkomitmen untuk memberikan layanan yang cepat, transparan, dan bertanggung jawab, serta meningkatkan efektivitas manajemen mutu dalam rangka mendorong peningkatan kualitas layanan secara berkesinambungan.

“Kami telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015. Sertifikasi ini menjadi perwujudan tentang kuatnya komitmen IFG Life yang berorientasi kepada konsumen, sekaligus sebagai pengingat bagi kami untuk senantiasa menjalankan sistem manajemen mutu di IFG Life secara baik danterpercaya,” ujar Iskak yang turut menghadiri acara penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 pada awal tahun ini.

Dia menambahkan, penerapan ISO 9001:2015 merupakan salah satu upaya perusahaan untuk mendorong kinerja secara optimal. ISO 9001:2015 menjadi standar acuan bagi perusahaan dalam memastikan stakeholders memperoleh produk dan layanan yang berkualitas secara konsisten. “Alur kerja yang dirancang dengan baik sangat berperan dalam utu produk dan layanan. Sertifikasi ISO 9001:2015 memastikan bahwa orientasi mutu melekat pada setiap karyawan dan manajemen IFG Life dalam menjalankan proses kerja kami setiap harinya,” lanjutnya.

Terdapat sejumlah prinsip manajemen mutu yang harus dipenuhi oleh IFG Life dalam penyusunan sertifikasi ISO 9001:2015, yaitu di antaranya fokus kepada konsumen, kepemimpinan, keterlibatan pihak berkepentingan di semua tingkatan, pendekatan dalam proses, perbaikan (improvement), pengambilan keputusan, hingga manajemen hubungan (relationship management).

Di sisi lain, tambah Iskak, dengan sertifikasi yang diakui di tingkat internasional, IFG Life memperoleh keunggulan untuk bersaing dan memperbesar peluang masuk ke pasar yang lebih luas. “Ini juga sejalan dengan visi dan misi IFG Life untuk menjadi perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan terbesar di Indonesia yang tumbuh berkelanjutan agar dapat melayani masyarakat di Indonesia dalam jangka panjang,” tuturnya.

Sebagai bagian dari holding asuransi, penjaminan, dan investasi, IFG Life memiliki posisi strategis dalam memenuhi seluruh kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan di Indonesia. IFG Life berkomitmen menyediakan produk dan layanan asuransi proteksi yang terpercaya dan komprehensif mulai dari lahir hingga tutup usia.

Mendapatkan izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 7 April 2021, IFG Life menjunjung tinggi tata kelola yang baik dan manajemen risiko yang kuat dan penuh kehati-hatian dalam menjalankan bisnisnya. Lebih lanjut, IFG Life juga mengoptimalkan manajemen mutu untuk mendorong pemberian layanan berkualitas serta pemanfaatan teknologi untuk memperluas akses layanan sehingga masyarakat dapat memperoleh proteksi yang maksimal sesuai dengan kebutuhannya.

“Sebagai perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan yang terus berkembang, IFG Life siap memberikan layanan proteksi yang prima dan mudah diakses, serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi nasabahnya di masa depan,” tutup Iskak.