Perkuat Persatuan, Forum Pemuda Sawahan Bantul Gelar Syawalan Idul Fitri 1445 H

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 16 April 2024 - 06:51 WIB

INDUSTRY.co.id, Bantul—Forum Muda Mudi Sawahan (FOMSA), Kelurahan Srihardono, Kecamatan Pundong, Bantul, D.I Yogyakarta menggelar acara syawalan Idul Fitri 1445 H pada Sabtu, 13 April 2024.

Selain dihadiri warga yang tinggal di Sawahan, acara ini juga dihadiri oleh warga diaspora Sawahan yang sedang mudik lebaran serta sejumlah tokoh masyarakat di Kabupaten Bantul.

Ketua FOMSA Andika Desta mengatakan, acara ini bertujuan untuk memperkuat persatuan dan silaturahmi antara warga di dusun Sawahan, baik yang tinggal di Sawahan maupun dengan para diaspora kampung Sawahan yang tersebar di berbagai kota.

“Kita ingin silaturahmi warga tetap terjaga, persatuan semakin kuat, kekompakan dalam membangun dusun semakin mantap,” kata Andika.

Ketua Panitia Eko Sutiyono juga menjelaskan bahwa acara ini juga memiliki makna bagi para diaspora Sawahan yang tersebar di berbagai kota, agar tidak melupakan kampung halaman dan semakin aktif dalam berpartisipasi membangun dusun Sawahan.

“Kami ingin silaturahmi dengan diaspora Sawahan yang berada di berbagai kota di Indonesia, bahkan di luar negeri, tetap terjalin dan sekaligus mengajak mereka untuk tetap aktif berpartisipasi dalam membangun kampung ini,” ucap Eko.

Kepala Dusun Sawahan, Didik Purnomo, mengatakan acara syawalan Idul Fitri 1445 H dusun Sawahan juga tidak terlepas dari upaya memaknai nilai-nilai dan semangat Idul Fitri 1445 H.

Didik mengapresiasi partisipasi seluruh warga Sawahan yang telah ikut menyukseskan penyelenggaraan acara tersebut.

“Sebagaimana semangat Idul Fitri 1445 H, melalui acara Syawalan ini, kita berupaya mendorong terciptanya kehidupan masyarakat yang damai dan harmoni,” kata Didik.

Anggota DPRD Bantul Dwi Kristiantoro yang juga hadir dalam acara itu mengapresiasi masyarakat dusun Sawahan yang aktif mendorong berbagai acara dalam rangka memperkuat persatuan dan silaturahmi warga.

Menurut Dwi, persatuan adalah hal yang sangat fundamental dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya di wilayah Bantul.

“Saya mengapresiasi acara ini, mengapresiasi seluruh masyarakat Sawahan, khsusunya teman-teman pemuda Sawahan. Luar biasa. Saya sudah beberapa kali mengikuti acara-acara seperti ini di Sawahan. Persatuan, kekompakan, dan silaturahmi yang kokoh adalah modal besar bagi pembangunan di wilayah ini,” kata Dwi.