Samsung Tingkatkan Kompetensi Guru dan Dosen Lewat Program SIC Batch 5

Oleh : Nina Karlita | Selasa, 02 April 2024 - 23:52 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Salah satu faktor penting untuk mewujudkan potensi ekonomi digital Indonesia adalah keberadaan talenta digital yang memadai, baik dari segi kuantitas, maupun kompetensi.

Guru dan dosen berperan penting dalam penyediaan talenta digital yang mumpuni.Untuk itulah, Samsung Electronics Indonesia menggelar program Teachers Training berupa inisiatif pelatihan khusus bagi guru dan dosen dalam program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 2023/2024. 

Melalui inisiatif ini, para peserta Teachers Training akan dibekali keterampilan digital kekinian berupa coding & programming. 

“Kegiatan pelatihan keterampilan kepada guru dan dosen akan memberikan fondasi yang kuat karena akan berimplikasi pada keseluruhan kegiatan belajar-mengajar, termasuk dalam konteks aplikasi secara praktis. Selain itu, pelatihan ini juga dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi karier mereka,” ucap Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia.

Melalui program Teachers Training, para peserta akan mendapatkan materi berupa System Thingking, Octalysis Tools, Value Pyramid, dan Eksplirasi situasi dengan Fishbone Diagram dan Tree Diagram.

Selanjutnya, para guru dan dosen juga diberikan kesempatan bertemu dengan para profesional dan pendidik lain yang memiliki minat yang sama, sehingga akan menjadi kesempatan untuk berkolaborasi, berbagi ide, dan memperluas jaringan dalam komunitas pendidikan dan teknologi.

SIC adalah bentuk tanggung jawab sosial Samsung memberikan kebutuhan yang diperlukan anak muda menjadi talenta digital. 

Program ini hadir untuk membantu anak muda dari SMA, SMK, Madrasah Aliyah, dan Universitas (D3/S1), dalam mengembangkan pengetahuan digital di bidang coding & programming, IoT dan AI melalui program pelatihan formal, termasuk Innovation Hackathon dan AI Bootcamps.