TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi dan penggemar yang dinamis, serta merayakan keberagaman musik di dunia musik Indonesia.

Sejalan dengan misi TikTok untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan, TikTok Rising Indonesia bertujuan untuk mengungkap dan menyoroti bakat-bakat lokal — baik mereka yang mapan maupun baru, terikat dengan label atau berdiri secara independen.

Musisi dan kreator dapat memanfaatkan berbagai dukungan yang ditawarkan melalui program ini, seperti tagar#RisingOnTikTok dan fitur lain yang tersedia di platform untuk memamerkan karya seni mereka, ditemukan, serta berinteraksi dengan komunitas. Terlebih lagi, tagar #RisingOnTikTok telah menjadi tempat untuk menemukan bakat-bakat musik Indonesia yang akan datang. Tim TikTok secara konsisten memantau tagar ini untuk menemukan musisi pendatang baru yang tengah trending diTikTok.

Para musisi yang ditemukan ini kemudian akan diundang untuk bergabung dalam program TikTok Rising Indonesia. Setelah menjadi bagian dari program ini, para musisi tersebut akan dipandu untuk memanfaatkan alat dan fitur dalam aplikasi, yang dapat digunakan untuk memperkuat keberadaan mereka sekaligus berinteraksi dengan audiens baru.

Christo Putra, Product Strategy Lead, TikTok Artist Services SEA menyatakan, “TikTok dikenal akan kemampuannya untuk menemukan bakat-bakat baru dan memfasilitasi hubungan antara musisi dan penggemar. Para talenta ini, termasuk musisi pendatang baru yang berasal dari beragam genre dan latar belakang musik, menunjukkan betapa kayanya musik Indonesia. Lagu-lagu hits mereka yang menduduki puncak tangga lagu disukai oleh pendengar dari segala usia dan terus menciptakan terobosan baru.  Karenanya, sejalan dengan misi kami untuk menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan, kami ingin terus meningkatkan dan mempromosikan bakat-bakat ini di platform global kami, kali ini melalui program baru bernama TikTok Rising Indonesia."

Membantu calon musisi dan kreator agar dapat ditemukan dan berinteraksi dengan komunitasnya Para musisi, baik yang baru maupun yang sudah mapan, maupun yang memiliki kontrak dengan label atau independen, menggunakan TikTok untuk berbagi kreativitas mereka, mendapatkan pengakuan, menemukan inspirasi kreatif, dan terhubung dengan lebih dari 1 miliar orang di dalam komunitas TikTok.

TikTok menawarkan berbagai fitur untuk menampilkan bakat dan berinteraksi dengan komunitas, antara lain fitur seperti "duet", "stitch", dan "LIVE". Musisi Indonesia seperti Fabio Asher telah memanfaatkan TikTok untuk menampilkan bakat mereka, yang menarik perhatian penggemar dan profesional di industri musik. Memanfaatkan banyaknya jumlah pendengar yang mereka kumpulkan di TikTok, mereka pun merilis berbagai single populer yang meraih banyak penghargaan.

Penyanyi berusia 26 tahun, Avolia, yang singlenya 'Kamu Pemain Aku Pelatih' mencapai lebih dari 160 juta** penayangan dalam dua bulan di TikTok mengatakan, "Saya benar-benar merasakan dampak

TikTok dalam membuat orang-orang mengenal lagu saya. Apa yang dimulai sebagai rekaman cover di rumah kini telah berkembang menjadi profesi tetap bagi saya. Mempromosikan single lagu saya melalui live streaming di TikTok LIVE juga membantu meningkatkan jumlah pendengar saya secarasignifikan." Single 'Kamu Pemain Aku Pelatih' milik Avolia telah diputar lebih dari 1 juta* kali dan masuk di tiga daftar putar (playlist) di Spotify.

Musisi yang telah mapan pun juga memanfaatkan TikTok sebagai cara untuk menjangkau audiens baru.

Widi Puradiredja dan Indah Wisnuwardhana dari MALIQ & D'Essentials mengungkapkan, "Saat pertama kali trending di TikTok, kami menemukan penggemar muda dan penonton baru yang ingin mendengarkan musik kami. Yang mengejutkan, mereka tidak hanya menyukai rilisan baru dari kami, tapi juga mempelajari lagu-lagu lama kami, beberapa di antaranya yang bahkan dirilis sebelum merekalahir!"

Lagu hit terbaru mereka, 'Aduh', menginspirasi terciptanya lebih dari 145.000* kreasi video, sementara single berikutnya, 'Kita Bikin Romantis', melampaui 1,8 juta* kreasi di TikTok hanya dalam tiga minggu. Kesuksesan ini berlanjut di luar platform, di mana kedua lagu ini menduduki posisi #74** dan #22** pada chart Spotify Top 200 Indonesia.

T