Ratusan Brand dan Penjual Lokal Lazada Sambut Peningkatan Kebutuhan Masyarakat di Ramadan Seller Festival 2024

Oleh : Nina Karlita | Senin, 18 Maret 2024 - 20:26 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melesat jelang bulan Ramadan, brand, dan penjual lokal harus gesit dalam menyusun berbagai strategi pemasaran untuk menjawab kebutuhan konsumen.

Tidak hanya memperhatikan tren produk, brand dan penjual lokal dapat berhasil menawarkan layanan terbaik dengan mengenal dan memahami penggunaan fitur dan layanan platform belanja online seperti Lazada.

Demikian yang disampaikan Rika Yeo, seorang mentor bersertifikasi LazStar Trainer dan juga pemimpin komunitas penjual Lazada atau City Leader Lazada Club, dalam Lazada Ramadan Seller Festival 2024. 

Lazada Ramadan Seller Festival 2024 sendiri adalah acara Lazada yang digelar Lazada pada 13 Maret 2024 yang memberikan ruang wawasan baru bagi brand dan penjual lokal agar bisa mempersiapkan strategi bisnis dan pemasaran untuk menghasilkan lonjakan transaksi online di bulan Ramadan.

Lazada Ramadan Seller Festival 2024 dihadiri oleh ratusan brand dan penjual lokal yang ada di Lazada dan menampilkan pemaparan dari para ahli di Lazada, mentor penjual bersertifikasi LazStar Trainer, serta pembicara ahli lainnya. 

Berbagai topik dihadirkan dalam acara ini, mulai dari program dan fitur terbaru di Lazada, hingga kiat dari top seller Lazada untuk penjualan berlipat dan penuh berkah selama bulan Ramadan.

Rika yang juga merupakan Alumni Alibaba Netpreneur menjelaskan bahwa selalu terjadi peningkatan omset selama bulan Ramadan, yang rata-rata mencapai puluhan persen. Tingkat konsumsi masyarakat di bulan Ramadan memang biasanya meningkat, termasuk dengan adanya tradisi berbagi yang kental di bulan suci ini

Secara umum, brand lokal akan mendapat keuntungan berlipat dengan strategi yang secara tepat menargetkan pola pengeluaran masyarakat Indonesia. 

Secara khusus, beberapa kategori diperkirakan akan meningkat secara signifikan yaitu kategori Food & Beverages (43%), Fashion & Accessories (27%), dan Beauty & Personal Care (20%) jelang bulan Ramadan tahun ini (YouGov, 2024).

Sebagai seorang pemilik brand ataupun penjual di platform online, menurut Rika harus memiliki kesempatan untuk mempelajari performa toko kamu dan menggunakan data penjualan yang bisa didapatkan secara real time untuk dijadikan referensi penyusunan strategi bisnismu. 

"Khususnya di bulan Ramadan ini, jadikanlah momentum ini kesempatan untuk boost trafik toko dan memicu perkembangan bisnis hingga setelah Lebaran nanti,” kata Rika.

Jumlah masyarakat yang berbelanja diperkirakan meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan saat tanggal kembar. Brand dapat memanfaatkan Ramadan Sale 8 Maret–8 April 2024 yang akan segera diluncurkan untuk memaksimalkan daya jual brand lokal di platform Lazada selama satu bulan penuh keberkahan.

"Di festival belanja Ramadan kali ini, kami siap mendukung brand dan penjual lokal dengan serangkaian program dan fitur berteknologi mutakhir, khususnya bagi brand dan penjual lokal yang siap untuk terus tumbuh bersama Lazada,” ujar James Chang, CEO Lazada Indonesia.