Menteri Jonan: Untuk Wujudkan Listrik Murah Pembangunan Pembangkit Harus Dekat Sumber Energi

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 22 Juli 2017 - 10:55 WIB

INDUSTRY.co.id , Banda Aceh - Pemerintah terus mengupayakan untuk memberikan listrik murah bagi masyarakat melalui berbagai upaya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, untuk mewujudkan listrik murah maka pembangunan pembangkit harus di dekat sumber energi.

"Artinya, Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) harus dibangun dekat dengan tambang batu bara dan Pembangkit listrik Tenaga Gas (PLTG) harus berada di sumur gas," kata Jonan di Banda Aceh, Jumat (21/7/2017).

Jonan menjelaskan, pembangunan pembangkit yang disyaratkan dekat dengan tambang dan muara gas, merupakan salah satu komitmen pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan dan berpihak kepada rakyat.

Menurut Jonan, jika pembangkit dibangun dengan sumber energi dekat sumber energi, bisa menghemat biaya. Sehingga berdampak positif terhadap biaya yang HARUS dibayar masyarakat.

Jonan berharap, kalangan pengusaha energi terbarukan bisa memberikan harga yang kompetitif terhadap energi. Sebab, harga energi terbarukan, selama ini, tergolong lebih mahal ketimbang energi fosil."Kami berharap harganya terjangkau dan kompetitif," kata Jonan.