11 Subsektor Kontraksi, Kemenperin: IKI Bulan Mei Sentuh Level 50,90

Oleh : Ridwan | Rabu, 31 Mei 2023 - 16:35 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Indeks Kepercayaan Industri (IKI) pada bulan Mei 2023 berada pada level 50,90. Angka tersebut masih dalam fase ekspansi, meski mengalami perlambatan 0,48 poin.

Penurunan IKI disebabkan 11 subsektor yang memiliki share PBD cukup besar terhadap industri pengolahan nonmigas mengalami kontraksi. 

"IKI memang turun itu disebabkan ada beberapa subsektor yang share PDB-nya cukup besar mengalami kontraksi. Contohnya industri pengolahan tembakau dan  industri logam dasar," kata Juru Bicara Kementerian Perindustrian, Febri Hendri Antoni Arif dalam Konferensi Pers di Kantor Kemenperin, Selasa (31/5).

Selain itu, IKI juga sebagian besar ditentukan oleh komponen pesanan atau order. Komponen pesanan baru terhadap manufaktur juga mengalami penurunan.

"Pesanan domestik merupakan faktor dominan yang mempengaruhi indeks variabel pesanan baru," terangnya.

Disisi lain, secara umum, mayoritas perusahaan industri menjawab kondisi kegiatan usahanya stabil pada bulan Mei 2023, dibanding dengan bulan April 2023 sebesar 44,8%.

Secara umum, pada Mei 2023, tingkat optimisme pandangan pelaku usaha terhadap kondisi usaha selama 6 bulan ke depan masih cukup tinggi.

"66,2% pelaku usaha menyatakan optimis terhadap kondisi usaha industri selama 6 bulan ke depan. Angka ini meningkat dari kondisi pandangan bulan sebelumnya yang sebesar 64,7%," ucap Febri.

Dikatakan Febri, mayoritas mereka yang menjawab optimis menyampaikan keyakinannya akan kondisi pasar akan membaik dan kepercayaannya karena kebijakan pemerintah pusat yg lebih baik.

Selanjutnya, sebanyak 24,8% pelaku usaha menyatakan kondisi usahanya stabil selama 6 bulan
mendatang. Angka ini menurun jika dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 25,4%.

"Sementara itu, persentase pesimisme pandangan pelaku usaha terhadap kondisi usaha 6 bulan ke depan menurun menjadi 9,0% pada Mei 2023 dari 9,9% pada April 2023," tutup Febri.