Ninja Xpress Fasilitasi Shipper Dalam Melakuikan Live Selling

Oleh : Nina Karlita | Senin, 30 Januari 2023 - 20:12 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Ninja Xpress merilis hasil analisis tren live selling di Indonesia pertamanya melalui Suara UKM Negeri Vol 2. Hasil analisis Suara UKM Negeri Vol 2 ini menunjukkan bahwa live selling menjadi salah satu tren e-commerce yang sedang berkembang.

Suara UKM Negeri Vol. 2 membagikan data kuantitatif live selling yang dikumpulkan pada November 2022 dari lebih 300 responden shipper di seluruh Indonesia serta data kualitatif dari pembeli yang menonton live selling pada November 2022.

Survei menunjukkan bahwa satu dari tiga shipper telah melakukan live selling. Sebagian besar shipper yang mengadopsi live selling berasal dari kategori produk fashion, kecantikan dan perawatan tubuh, makanan dan minuman, serta perlengkapan rumah.

Hal ini didukung oleh data Ninja Xpress dimana ditemukan bahwa paket dengan size small/kecil mendominasi lebih dari 90% dalam pengiriman sepanjang periode harbolnas desember 2022.

Terdapat tiga alasan utama yang membuat shipper melakukan live selling. Yaitu karena dapat membawa pelanggan baru, dapat menjadi cara yang baik untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, serta dapat menciptakan kesadaran lebih banyak dan minat beli.

Fernando, pemilik Bhinneka Nusantara yang menjual berbagai produk tissue, adalah salah satu yang merasakan manfaat live selling.

"Sekarang tidak bisa lagi jualan tanpa melakukan  live selling! Sebelumnya kami melakukan live selling sendiri dengan freelance host dan kamera biasa. Kemudian setelah bersama Ninja Xpress, kami didukung penuh untuk seluruh keperluan live selling mulai dari konsep, naskah hingga Open Broadcast Software (OBS)," kata Fernando.

"Live selling bersama Ninja Xpress bahkan sampai membuat pesanan overload dan memberikan kontribusi hingga 20% dari total penjualan kami,” tambah Fernando.

Memahami tantangan yang dialami shipper dalam melakukan live selling, Ninja Xpress melalui Creative Business Solutions memfasilitasi shipper untuk mengoptimalkan live selling.

Yaitu dengan menyediakan bantuan dari persiapan dan pelaksanaan live selling (pembuatan konsep, copywriting, dan produksi), talent (host/KOL/MC/Model) hingga studio khusus agar shipper dapat melakukan live selling dengan lebih baik, serta platform yang tepat.

"Ninja Xpress terus memberikan solusi yang dibutuhkan pelanggan dengan layanan yang bernilai tambah. Live selling saat ini menjadi teknik penjualan yang dapat mempercepat proses pembelian dari tahap pengenalan produk (awareness) langsung ke tahap konversi pembelian," kata Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

"Live selling juga memberikan shipper kemampuan untuk membangun hubungan dalam skala besar dengan pelanggan baru maupun yang sudah ada. Hal ini yang mendasari Ninja Xpress memberikan layanan live selling bagi shipper Ninja Xpress didalam creative hub,” tambah Andi Djoewarsa.

Agar dapat melakukan live Selling dengan lebih efektif, Ninja Xpress membantu shipper melakukan live selling melalui Ninja Xpress seller booster. Cukup dengan mengirimkan barang menggunakan Ninja Xpress, shipper mendapatkan layanan live selling berupa studio, host, hingga back end. Shipper cukup menyediakan produk yang dijual dan promosi yang diberikan.

Ninja Xpress siap membantu pengiriman paket dengan mudah melalui penjemputan langsung ke lokasi dengan terlebih dahulu mendaftar di https://selalusiap.ninjaxpress.id. Berbagai layanan dari regular, same day, hingga COD (Cash on Delivery) dengan perhitungan pasti dan pencairan 2 kali seminggu siap membantu UMKM mengirimkan paket ke seluruh wilayah di Indonesia.