Konsumsi Baja Nasional Diproyeksi Capai 17,3 Juta Ton di 2023, IISIA Bongkar Penyebabnya

Oleh : Ridwan | Selasa, 10 Januari 2023 - 13:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Konsumsi baja nasional diproyeksi akan mengalami pertumbuhan hingga 6% menjadi 17,3 juta ton pada tahun 2023.

"Konsumsi baja nasional akan mengalami pertumbuhan hingga 6% atau menjadi 17,3 juta ton, seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Ketua Cluster Flat Product Indonesia Iron and Steel Industry Association (IISIA) Melati Sarnita di Jakarta (9/1).

Dijelaskan Melati, ada sejumlah faktor yang turut berperan dalam lonjakan angka konsumsi baja nasional diantaranya, berlanjutnya proyek-proyek strategis nasional dan swasta khususnya di sektor infrastruktur dan energi.

"Proyek-proyek infrastruktur dan energi sangat mempengaruhi lonjakan konsumsi baja nasional," tutur Melati.

Selain itu, lanjutnya, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) serta proyek kendaraan listrik juga turut berperan dalam mengkantrol naiknya konsumsi baja nasional. 

"Tak hanya itu, adanya kebijakan dari pemerintah Indonesia mengenai program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) juga pengenaan Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) terhadap baja impor, juga berdampak pada naiknya konsumsi baja dalam negeri," tutup Melati.