Pamer Sepatu Buatan Cibaduyut kepada Awak Media, Menperin Agus: Ini Enak Banget, Empuk

Oleh : Ridwan | Selasa, 03 Januari 2023 - 19:20 WIB

INDUSTRY co.id - Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa produk buatan anak bangsa tidak kalah bagus jika dibandingkan produk impor.

"Contohnya, sepatu yang saya pakai ini merek LAARZ buatan Cibaduyut, Bandung," kata Menperin Agus di sela perayaan ulang tahun yang ke 54, Selasa (3/1/2023).

Ia mengakui, sepatu buatan Cibaduyut tersebut selalu dipakai setiap hari. "Ini dipakainya enak banget. Modelnya juga bagus, enteng dan sol-nya juga enak, empuk," terangnya.

Menperin Agus juga tak sungkan membuka sepatunya untuk menunjukkan label merek kepada media. "Siapa bilang sepatu buatan lokal tidak enak, ini enak sekali," tutur Menperin.

Tak hanya sepatu, lanjut Menperin, dirinya juga selalu memakai produk buatan lokal lainnya, seperti batik, kemeja hingga celana panjang.

"Celana panjang saya buatan lokal, batik juga. Dari atas sampai bawah yang saya kenakan ini semua produk lokal," papar Menperin.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian terus menggenjot Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). 

Upaya tersebut guna meningkatkan produktivitas serta daya saing industri manufaktur nasional.

Program P3DN merupakan salah satu langkah strategis untuk memperkuat industri dalam negeri, sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap impor. 

Program P3DN secara historis merupakan inisiatif Kementerian Perindustrian yang telah dijalankan sejak beberapa dekade lalu.

Untuk tahun 2022, Presiden Joko Widodo telah menerapkan target belanja Produk Dalam Negeri (PDN) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebesar Rp 400 triliun.