Cosmart, Startup E-Commerce Kantongi Pendanaan Awal US$ 5 Juta dari Tiga Investor Tersohor

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Oktober 2022 - 11:12 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta— Cosmart, platform berbasis keanggotaan (membership) e-commerce pertama di Indonesia untuk kebutuhan bulanan, hari ini mengumumkan pendanaan awal sebesar US$ 5 juta dari Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures SEA & India. Putaran pendanaan yang oversubscribed ini juga melibatkan partisipasi investor kawakan yakni Henry Hendrawan dan Albert Lucius. Visi Cosmart adalah menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan harga murah untuk kebutuhan rutin pengguna, sehingga konsumen dapat menghemat waktu, uang, dan anti ribet.

Cosmart adalah one-stop solution bagi pengguna untuk membeli kebutuhan bulanan. Dengan membayar biaya keanggotaan yang murah untuk menjadi anggota, pengguna bisa mendapatkan akses ke produk berkualitas dengan harga lebih murah, membeli produk yang tidak bisa ditemukan di platform e-commerce lain, dan mendapatkan produk contoh (sample) dari merek baru. Dengan transparansi harga, kualitas tinggi, dan manfaat keanggotaan lainnya, Cosmart menghadirkan pengalaman belanja yang cerdas dan dijamin menguntungkan anggotanya.

Sejak awal berdiri pada kuartal II tahun ini, Cosmart telah menjual lebih dari 100.000 produk. Startup e-commerce berlangganan ini juga mampu meraih pertumbuhan bisnis 6 kali lipat dalam tiga bulan terakhir, dengan volume belanja bulanan pengguna tercatat 4x lebih tinggi dibandingkan aktivitas belanja di platform lain. Cosmart didirikan oleh profesional berpengalaman di bidang teknologi yakni Alvin Kumarga dan Robert Tan, keduanya memiliki pengalaman luas dalam mendirikan dan mengembangkan perusahaan. Meski baru berdiri, Cosmart telah bermitra dengan 80+ produsen, 500+ merek, dan memiliki ribuan jenis produk (SKU) pada 10 kategori produk.

Alvin Kumarga, Co-Founder Cosmart Senin (3/10/2022)  menyampaikan, pendanaan dari Lightspeed, East Ventures, dan Vertex Ventures akan digunakan untuk memperkuat teknologi dan infrastruktur data, sekaligus membangun kerja sama strategis dengan produsen dan para pemain kunci dalam ekosistem rantai pasokan. Sementara Pachara (Pinn) Lawjindakul, Partner di Lightspeed mengatakan senang dengan pendekatan inovatif Cosmart terhadap lanskap belanja online yang padat pemain karen konsumen selalu mencari penawaran terbaik dan harga terendah untuk kebutuhan rutin rumah tangga bulanan. “Mengelola barang-barang kebutuhan bulanan bisa sangat melelahkan. Cosmart hadir sebagai solusi yang tepat untuk membantu para pengguna untuk menghemat lebih banyak waktu dan uang,” kata Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

Tentang Cosmart

Cosmart adalah platform e-commerce membership pertama di Indonesia untuk kebutuhan bulanan. Visi Cosmart adalah menolong pengguna merencanakan hidup mereka dengan lebih baik, dengan misi menghadirkan produk berkualitas tinggi dengan harga murah untuk kebutuhan bulanan pengguna, rumah tangga dan perkantoran. Hal ini akan memungkinkan pengguna menghemat waktu, uang, dan anti ribet sehingga bisa fokus pada hal-hal yang lebih bermakna dalam hidup. Platform Cosmart yang fokus pada pengalaman pengguna untuk menjelajahi produk dan program contoh produk gratis memampukan merek untuk menjangkau pengguna baru, sekaligus memberikan nilai tambah kepada pengguna untuk menemukan produk baru berkualitas tinggi. Dengan jaminan produk dan garansi harga terbaik, pengguna akan mendapatkan pengalaman dan ekonomis saat membeli di platform Cosmart. Hingga saat ini perusahaan telah bermitra dengan lebih dari 100 prinsipal ternama (Unilever, P&G, Wings, Indofood dan sebagainya), menghadirkan ribuan produk di 10 kategori inti.