IFG Kembali Raih Peringkat idAAA dari Pefindo

Oleh : Herry Barus | Jumat, 12 Agustus 2022 - 09:49 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) sebagai lembaga pemeringkat, kembali memberikan peringkat tertinggi rating idAAA (Triple A; Stable Outlook) untuk PT. Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI), yang dikenal dengan nama Indonesia Financial Group (IFG) Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi, untuk periode 27 Juli 2022 hingga 1 Juli 2023.

Peringkat idAAA tersebut mencerminkan bahwa IFG memiliki pengelolaan keuangan yang prima dan mampu memenuhi seluruh kewajiban keuangannya di tengah situasi pandemi saat ini, baik dari sisi keuangan maupun operasional serta cerminan kondisi kesehatan keuangan yang terbaik dan peringkat tertinggi atas kesehatan keuangan sebuah korporasi

Setelah menghadapi 2 tahun pandemi dan kondisi perekonomian yang volatile, IFG masih dapat mempertahankan kinerja dan tata kelolanya pada level yang baik. “Peringkat tersebut mencerminkan profil kredit yang sangat kuat dari anak-anak perusahaan asuransi, penjaminan dan investasi, serta likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang kuat” kata Sekretaris Perusahaan, Beko Setiawan dalam keterangan resmi, Kamis (11/08).

“Peringkat ini merupakan anugerah terbaik menjelang akhir tahun 2022, dan kami sangat bersyukur IFG yang baru dibentuk pada bulan Maret tahun 2020 ini sudah dapat mencapai mengukir prestasi kinerja yang positif”, ujar Sekretaris Perusahaan IFG, Beko Setiawan.

Beko menambahkan peringkat ini akan menjadi motivasi perusahaan bersama karyawan untuk bekerja lebih keras dalam menghasilkan kinerja terbaik serta mempertahankan peringkat tersebut. Hal ini tidak terlepas dari komitmen, integritas dan kolaborasi semua pihak, khususnya Insan IFG, dalam melaksanakan strategi dan kebijakan IFG agar dapat dijalankan dengan tata kelola bisnis, keuangan dan operasional yang maksimal berlandaskan prudent dan good governance. (*)

Tentang Indonesia Financial Group

Pada tahun 2020, Indonesia Financial Group (IFG) ditetapkan sebagai Holding BUMN Keuangan dan Investasi melalui Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2020 dan Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan melalui Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2020.

Sehubungan dengan pembentukan holding tersebut, berdasarkan surat Kementerian BUMN nomor S-562/MBU/08/2020 tanggal 6 Agustus 2020, Kementerian BUMN telah menyetujui perubahan brand logo BPUI menjadi Indonesia Financial Group (IFG).

Saat ini, IFG beranggotakan sepuluh anak perusahaan, yang terdiri dari PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja (Jasa Raharja), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Artha Ventura, PT Grahaniaga Tatautama, PT Bahana Kapital Investa dan PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).