RSCM dan Kimia Farma Apotek Luncurkan Layanan Tebus Resep Online Melalui Aplikasi SmartRSCM

Oleh : Hariyanto | Minggu, 07 Agustus 2022 - 13:36 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sejalan dengan perkembangan digitalisasi teknologi dalam sektor kesehatan, berkembang pula penggunaan telemedisin yang dapat mengatasi masalah yang terjadi pada pelayanan kesehatan. Telemedisin sangat membantu masyarakat yang dapat  berfungsi sebagai media konsultasi dokter dan pasien secara daring.

Adaptasi kebiasaan baru di rumah sakit akibat pandemi Covid-19 membuat adanya keterbatasan pelayanan kepada pasien yang berobat ke RSCM. Menjawab tantangan tersebut RSCM telah mekakukan digitalisasi di berbagai bidang pelayanan salah satunya dengan meluncurkan  SmartRSCM, sebuah aplikasi yang berfokus memberikan layanan kesehatan.

Aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah pasien RSCM untuk mendapatkan pelayanan konsultasi langsung dari dokter tanpa harus datang ke rumah sakit dan dapat dilakukan dimana saja.

SmartRSCM memiliki fitur rekam medik elektronik terintegrasi, jadwal dokter, resep elektronik dengan berbagai macam pilihan pembayaran. Pasien dapat melakukan konsultasi melalui smartphone dengan dokter dan langsung menerima resep elektronik yang terhubung dengan Apotek Kimia Farma terdekat.

“Sebagai perusahaan jaringan kesehatan yang terkemuka dan mampu memberikan solusi  kesehatan masyarakat di Indonesia, seluruh jaringan Apotek Kimia Farma siap membantu layanan resep elektronik dari RSCM melalui aplikasi SmartRSCM sehingga membantu pasien untuk mendapatkan obat yang terjamin mutu dan kualitasnya dengan cepat dan tepat dari apotek terdekat pasien.” Ujar Nurtjahjo Walujo Wibowo, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (7/8/2022).

PT Kimia Farma Apotek (KFA) merupakan anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk. dengan jaringan apotek terbesar dan penyedia layanan kesehatan terkemuka di Indonesia. KFA menyediakan solusi farmasi dan layanan kesehatan yang komprehensif, mulai dari obat umum (OTC), obat dengan resep, vitamin, produk nutrisi, produk perawatan kulit dan kecantikan, serta produk kesehatan lainnya. KFA memiliki lebih dari 1.100 outlet yang berlokasi di seluruh Indonesia.

KFA memiliki apoteker dan staf berpengalaman, dengan seksama mendengarkan kebutuhan pelanggan dan kemudian memberikan saran dan solusi yang profesional. KFA juga meluncurkan aplikasi Kimia Farma Mobile yang memungkinkan pelanggan dengan mudah mengakses berbagai macam produk, layanan kesehatan dan kecantikan.

Melalui layanan ini, pengguna bisa menentukan outlet pilihan mereka dan menginstruksikan untuk mengirimnya ke rumah. Pelanggan juga dapat mengunggah resep dan mendapatkan obat-obatan yang dikirimkan langsung hingga ke pintu mereka.

Selain itu KFA juga telah merilis Vending Machine “KAEF BOX” yang tersebar di berbagai tempat layanan publik (seperti stasiun dan residensial) untuk membantu pelanggan KFA mengakses kebutuhan kesehatan lebih dekat. Kimia Farma Apotek tetap pada komitmennya, menjaga kualitas produk serta layanan yang baik untuk kesehatan Indonesia.