AnaK Masih Asi Tapi Berat Badan Seret? Ini Kata Dokter

Oleh : kormen barus | Minggu, 07 Agustus 2022 - 12:37 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Tentang Anak, ekosistem dan aplikasi tumbuh kembang anak sejak kehamilan terlengkap dan tepercaya di Indonesia, menggelar webinar sebagai wadah berbagi dan edukasi bagi jutaan calon orang tua, orang tua dan anak Indonesia.

Kali ini, bersamaan dengan peringatan momen spesial Hari ASI Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Agustus lalu,  webinar Tentang Anak hadir untuk mengedukasi orang tua Indonesia dari sisi kesehatan dan pertumbuhan anak, terutama mengenai ASI dan berat badan anak.

Tentang Anak mengundang dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp.A selaku dokter spesialis anak dan Wynne Frederica, S.E., BBA, selaku publik figur serta ketua tim penggerak PKK Kab. Kendal untuk membahas topik webinar bersama. Webinar ini digelar pada 4 Juli 2022 dan telah diikuti secara virtual oleh lebih dari 1.500 partisipan yang tersebar di seluruh Indonesia.

dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, dokter spesialis anak yang juga founder dari Tentang Anak mengatakan, “Sejak awal didirikan, Tentang Anak berkomitmen untuk terus mendampingi setiap perjalanan parenting orang tua Indonesia agar pengalaman sehari-hari mengasuh anak dari rumah terasa lebih mudah dan nyaman.

Bersamaan dengan peringatan Hari ASI Sedunia yang jatuh pada awal Agustus 2022 ini, Tentang Anak selaku ekosistem parenting terlengkap dan tepercaya menghadirkan berbagai program edukasi melalui aplikasi, webinar, hingga kuliah whatsapp untuk menjangkau lebih banyak orang tua dalam hal edukasi ASI dan korelasinya terhadap pertumbuhan anak sejak usia dini.

Melalui salah satu webinar yang kami selenggarakan pada 4 Juli 2022, dengan menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya, serta pihak pemerintah yang juga berkecimpung di lapangan dalam memberantas stunting, kami berharap dapat kembali mengingatkan pentingnya memperjuangkan ASI untuk anak, dan bagaimana manajemen ASI bisa menekan angka gagal pertumbuhan pada anak atau stunting, yang kini masih menjadi fokus utama para ahli serta pemerintah di Indonesia.”

Wynne Frederica, S.E., BBA, selaku publik figur serta ketua tim penggerak PKK Kab. Kendal menambahkan, “Kami dari Kabupaten Kendal sangat berterima kasih dan mengapresiasi Tentang Anak yang telah memberikan dukungan serta perhatian penuh terhadap isu ASI, pertumbuhan anak, dan stunting di Indonesia melalui berbagai inisiatifnya.

Ini merupakan kesempatan berharga bagi kami karena kami sepakat bahwa memberantas stunting merupakan tanggung jawab semua pihak, maka dari itu diperlukan sinergitas bersama untuk meningkatkan kesadaran orang tua, terutama bagi yang berada di daerah seperti Kendal, terhadap bahaya stunting dan bagaimana mencegahnya.

Maka dari itu di kesempatan kali ini, kami tidak tanggung-tanggung mengundang seluruh ibu-ibu PKK dari sejumlah wilayah sekitar Kendal, Jawa Tengah, dan berbagai pihak untuk turut menghadiri webinar ini agar dapat memperluas wawasan kami semua terhadap isu stunting langsung dari ahlinya.”

Selama sesi webinar Tentang Anak, dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp.A selaku dokter spesialis anak dan narasumber memaparkan beberapa poin penting terkait ASI, pertumbuhan anak, dan stunting, diantaranya seperti:

Beberapa fakta terkait gagal tumbuh atau stunting: kurangnya tinggi badan yang diakibatkan karena asupan gizi yang kurang, terjadi di Indonesia sebanyak 17-19% kasus dari total anak Indonesia, dapat dicegah sejak kehamilan (1.000 hari pertama kehidupan), dampak malnutrisi bisa permanen bila terjadi pada bayi dan batita.

Efek dari stunting:

Jangka pendek: gangguan pertumbuhan otak, IQ rendah, Gangguan sistem kekebalan tubuh Jangka panjang: menurunkan produktivitas dan meningkatkan biaya pengobatan, perawakan pendek, meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes hingga kematian.

Cara memonitor pertumbuhan anak usia dini: Setiap bulannya orang tua dapat mengukur berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala menurut umur. Bisa mengukur sendiri ataupun dengan bantuan tenaga medis setiap cek secara berkala ke fasilitas kesehatan. Jika pertumbuhan fisik anak kurang, orang tua wajib mengevaluasi bersama ahli (dokter spesialis anak) apakah asupan makanannya, kualitas nutrisi, dan asupan susunya cukup.

Prioritas utama orang tua: bayi sehat dengan pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usia. Orang tua harus realistis mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan anak, jika setelah di evaluasi ternyata ASI kurang mencukupi kebutuhan sehari-hari anak, maka perlu dilakukan upaya lain sebagai pendukung, seperti susu formula ataupun asupan MPASI sesuai hasil konsultasi dengan dokter.

Kebutuhan kalori anak usia dini:

  • Usia 6-9 bulan memerlukan ASI 70% dan MPASI 30%
  • Usia 9-12 bulan memerlukan ASI 50% dan MPASI 50%
  • Usia >12 bulan memerlukan ASI 30% dan MPASI 70%

Yang dapat orang tua lakukan untuk memastikan kebutuhan kalori bayi ASI tercukupi:

  • Pastikan posisi menyusui benar dan nyaman bagi ibu dan bayi, agar proses transfer ASI dari payudara ibu bisa terpenuhi dengan baik
  • Tubuh bayi menghadap ke tubuh ibu dalam satu garis lurus
  • Dagu bayi menempel di payudara ibu
  • Dada atau perut bayi menempel dengan perut ibu
  • Tangan ibu menyangga leher dan punggung bayi (kecuali posisi tidur)
  • Pelekatan menyusui: pastikan bayi menyusu dengan posisi mulut terbuka lebar dan dari areola payudara (bukan puting)
  • Manajemen ASI

Produksi ASI :

  • Supply vs Demand
  • Payudara penuh → stop produksi ASI
  • Payudara kosong → produksi ASI meningkat
  • Tips memompa ASI untuk kosongkan payudara
  • Kompres hangat sebelum memompa
  • Posisi ibu nyaman
  • Usahakan double pumping dan pijat payudara sebelum dan saat pumping
  • Pastikan ukuran cup pompa pas dengan payudara
  • Jika menyusui dan memompa : jarak waktu 30-60 menit setelah bayi menyusui atau satu jam sebelum bayi menyusui

Jika hanya memompa (pemberian ASIP) usahakan memompa minimal 6-8 kali sehari

Tentang Anak berkomitmen untuk terus membantu lebih banyak orang tua di Indonesia dalam memantau perkembangan anak dengan mudah, cepat, praktis, bersama ahlinya melalui aplikasi yang saat ini dapat di unduh dengan gratis di App Store dan Play Store. Kini Ayah dan Bunda dapat menikmati berbagai fitur unggulan di aplikasi Tentang Anak, seperti:

  • Fitur belanja: dari belajar hingga belanja melalui aplikasi Tentang Anak. Belanja dengan satu kali pengiriman, produk yang telah dikurasi oleh ahlinya, terlengkap dan tepercaya.
  • Rekomendasi Aktivitas Anak: rencanakan kegiatan harian si kecil sesuai rekomendasi durasi aktivitasnya, seperti montessori, outdoor, sains, dan lainnya,
  • Tanya Dokter Anak GRATIS: langsung dijawab oleh ahlinya selama 30 menit, khusus di jam operasional 09.00-15.00,
  • Pilihan Tonton Ulang Webinar Tentang Anak: tak perlu khawatir ketinggalan nonton webinar, kini tersedia akses tonton ulang,
  • Direktori Dokter Anak: cek lokasi dokter spesialis anak di seluruh Indonesia,
  • Daftar Member Support Group Tentang Anak: AyBun bisa saling bertukar informasi seputar parenting,
  • Skrining red flag: Deteksi tanda bahaya pertumbuhan anak sesuai dengan usianya,
  • Panduan pertama untuk anak sakit: Fitur algoritma terkait keluhan anak sakit dan memberikan solusi tercepat dari rumah (demam, kejang, GTM, sembelit).