Menperin: Unilever Indonesia Siap Sambut Transformasi Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Juni 2017 - 22:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto meresmikan Grha Unilever yang merupakan kantor pusat baru PT Unilever Indonesia Tbk di Green Office Park BSD City, Tangerang, Banten. Gedung yang sarat akan nilai keberagaman dan keberlanjutan ini berdiri di atas lahan 30.000 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 50.000 meter persegi.

Pada kesempatan tersebut, Menperin memberikan apresiasi terhadap pembangunan kantor baru ini, yang diharapkan merupakan salah satu upaya Unilever Indonesia untuk bersiap menyambut transformasi ke era industri 4.0.PT

"Kementerian Perindustrian tengah mendorong industri consumer goods menjadi salah satu sektor prioritas yang berperan besar sebagai penggerak utama perekonomian nasional di masa mendatang," ungkap Airlangga Hartarto seusai meresmikan kantor pusat baru PT Unilever Indonesia di BSD City, Tangerang, Banten (21/6/2017).

Airlangga juga mengungkapkan dahulu banyak yang berfikir bahwa keberadaan teknologi menimbulkan pengangguran bertambah karena tergantikan dengan mesin . Namun yang terjadi adalah munculnya pekerjaan-pekerjaan baru yang menunjang teknologi tersebut.

"Kita lihat bagaimana transformasi ini justru memberikan efek positif bagi perekonomian nasional," terangnya.

Dengan diresmikannya kantor pusat baru ini, Airlangga berharap kedepannya dapat lebih meningkatkan pembangunan pabrik, penyerapan tenaga kerja, penguasaan teknologi, peningkatan pengunaan produk dalam negeri (P3DN), serta diharapkan pula mengurangi ketergantungan terhadap bahan baku impor.

Seperti diketahui, PT Unilever Indonesia telah menorehkan sejarah panjang di Indonesia sejak tahun 1993, dan saat ini menjadi salah satu perusahaan fast moving consumer goods terdepan di pasar Indonesia. Dengan 39 brand yang terbagi dalam empat kategori yaitu, personal care, home care, food and refreshment. Sebanyak 99 persen produknya diproduksi di Indonesia dan memiliki sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut.

"Pada tahun 2016, seluruh pabrik Unilever Indonesia telah mendapatkan sertifikasi hala dari Majelis Ulama Indonesia," pungkasnya.