Kemenperin Resmikan Desa Devisa Lada Hitam Lampung Timur, Gubernur Lampung Nyatakan Siap Beri Dukungan

Oleh : Hariyanto | Jumat, 24 Juni 2022 - 10:10 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada acara Harvesting Bangga Buatan Indonesia (BBI) Lagawi Fest,  Kementerian Perindustrian juga meresmikan Desa Devisa Lada Hitam Lampung Timur.

Hal ini merupakan implementasi kerja sama Ditjen IKMA Kemenperin dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia untuk meningkatkan kapasitas, memperluas akses pasar dan meningkatkan ekspor Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang berkelanjutan. 

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyatakan siap mendukung penuh peran Kemenperin dalam membantu memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha di provinsi Lampung serta mempromosikan produk lokal asal Lampung.

"Hal ini sejalan dengan tujuan dari pemerintah Provinsi Lampung untuk memperkenalkan berbagai produk lokal berkualitas yang tentunya memiliki potensi yang sangat tinggi untuk dikenal dan digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia," kata Arinal pada acara Harvesting BBI Lagawi Fest 2022 di Lampung, Kamis (23/6/2022).

"Selain itu, kami juga berharap inisiatif ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di provinsi Lampung untuk mewujudkan lampung berjaya," ungkap Gubernur Lampung.

Program pengembangan yang dilakukan bagi Desa Devisa Lada Hitam Lampung Timur diberikan meliputi penguatan manajemen dan kelembagaan, pendampingan teknis produksi dan sistem keamanan pangan, bantuan peralatan dan sarana produksi, serta pendampingan akses pasar.