Fokus Perkuat Ekosistem Digital BNC Genjot Kolaborasi Dengan Puluhan Mitra Strategis

Oleh : Hariyanto | Jumat, 17 Juni 2022 - 16:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memasuki semester kedua 2022, PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) telah berkolaborasi dengan puluhan mitra strategis, hal ini sejalan dengan komitmennya untuk memberikan berbagai layanan yang dapat menjadi solusi atas kebutuhan keuangan dan lifestyle masyarakat Indonesia.

”Di semester 1 tahun ini, BNC telah berkolaborasi dengan puluhan mitra untuk terus memberikan layanan keuangan yang inklusif dan menyeluruh. Kami optimis bahwa BNC akan terus berkembang dan menjadi Game Changer dalam industri perbankan digital di Indonesia.” kata Aditya Windarwo, Direktur Bisnis Bank Neo Commerce yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (17/6/2022).

BNC melihat financial technology (fintech) sebagai kolega, yang mana dengan berkolaborasi bersama dapat membangun ekosistem digital di Indonesia ke arah yang lebih baik lagi. Selama semester 1 ini, strategi penyaluran kredit BNC, sebagian disalurkan lewat kerja sama partnership atau channeling dengan total kredit yang sudah disalurkan telah mencapai lebih dari Rp 1 triliun.

Tidak hanya nasabah perorangan, usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) juga tidak luput dari perhatian  BNC. Hal ini dibuktikan melalui kolaborasi dengan salah satu fintech di Indonesia, yaitu iGrow, yang merupakan platform peer-to-peer (P2P) lending pertanian pertama di Indonesia. iGrow menghubungkan masyarakat yang memiliki modal dan petani yang membutuhkan modal melalui kegiatan pendanaan komoditas pertanian.

Selain iGrow, BNC juga berkolaborasi dengan Kredito, sebuah platform P2P lending yang tidak hanya menyalurkan pendanaan kepada UMKM, namun juga perorangan, khususnya karyawan dan mahasiswa. Tidak hanya pembiayaan produktif, BNC juga bekerja sama dengan platform P2P lending yang berfokus terhadap pembiayaan konsumtif, seperti Asetku, kolaborasi antara BNC bersama Asetku memberikan akses keuangan kepada masyarakat Indonesia dengan lebih mudah.

Kerja sama lainnya sebagai upaya untuk memberikan ketenangan pikiran dan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan asuransi, pengelolaan keuangan dan risiko yang baik, BNC juga bekerja sama dengan Mandiri AXA General Insurance (MAGI) dan Prudential untuk memberikan pilihan layanan asuransi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Kolaborasi dengan berbagai mitra ini merupakan bentuk komitmen BNC kepada nasabah untuk memberikan layanan one stop financial service serta layanan perbankan digital secara end-to-end. Dengan semakin kuatnya ekosistem digital yang dimiliki BNC, diharapkan dapat menjangkau dan memberikan manfaat besar bagi nasabah dengan memberikan kemudahan akses untuk dapat bertransaksi dimanapun.

Untuk itu, BNC menyediakan layanan open banking, yaitu integrasi layanan perbankan BNC dengan platform digital lainnya. BNC menjalin kemitraan dengan berbagai perusahaan ternama di berbagai industri yang memungkinkan para pelanggan setia mitra untuk dapat membuka rekening BNC di platform mitra tanpa harus mengunduh aplikasi neobank terlebih dahulu. Kerja sama ini semakin memperluas jangkauan BNC untuk dapat memberikan layanan kepada jutaan pelanggan melalui ratusan ribu touchpoint di seluruh Indonesia.

Aplikasi neobank milik BNC berhasil menjadi pilihan bagi lebih dari 18 juta pengguna, salah satunya karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki bank digital lain. Aditya menjelaskan bahwa BNC fokus untuk memberikan layanan yang komplet untuk menjawab kebutuhan finansial dan perbankan, serta juga kebutuhan lifestyle para nasabah.

“Terdekat, aplikasi neobank akan semakin lengkap dengan adanya fitur beli emas, hasil kerja sama BNC dengan Lakuemas. Bagi masyarakat yang gemar berinvestasi, aplikasi neobank jelas menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain itu, BNC juga dalam tahap akhir meluncurkan berbagai fitur baru hasil kerja sama dengan beberapa perusahaan telekomunikasi, perusahaan e-commerce dan penyedia layanan jasa keuangan lainnya di Indonesia,” ungkap Aditya.

“Ke depan, BNC akan terus mengembangkan inovasi produk dan agresif membangun kemitraan untuk terus memberikan pelayanan keuangan inklusif berbasis digital kepada para nasabah. Melalui kolaborasi, BNC dan mitra strategis dapat saling berbagi keahlian dan layanan unggulan kami untuk seluas-luasnya memberikan manfaat bagi masyarakat. Kami berharap dapat semakin mengoptimalkan layanan digital yang memberi kemudahan dan kenyamanan maksimal bagi pelanggan,” tutup Aditya.