Setelah Pelonggaran Pembatasan Perjalanan, Hong Kong Catat Lonjakan Kasus Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 Juni 2022 - 12:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Hong Kong membuka perbatasannya untuk wisatawan internasional pada 1 Mei 2022, dan hanya dalam rentang waktu satu bulan, jumlah penerbangan internasional harian yang masuk meningkat dua kali lipat pada april. Sebelum ini, hanya warga dan penduduk Hong Kong yang diizinkan memasuki kota.

Melansir dari laman Times of India, kasus baru infeksi Covid-19 terdeteksi di antara wisatawan luar negeri. Untuk pertama kalinya pada Januari, sejak awal pandemi, Hong Kong mencatat angka tiga digit dalam hal kasus baru Covid-19. Maju cepat ke Juni 2022, jumlah kasus baru telah melewati angka 800 sekarang.

Baru pada Minggu (12/6/2022), Hong Kong melaporkan 106 kasus impor baru. Lonjakan jumlah kasus baru ini terkait dengan perbatasan yang sekarang terbuka dan frekuensi penerbangan internasional yang lebih dari sebelumnya. Hong Kong juga telah mengurangi jumlah hari karantina menjadi tujuh untuk kedatangan di luar negeri. 

Peningkatan infeksi secara keseluruhan dan kasus impor akan menjadi ujian bagi pemerintah yang saat ini sedang mempersiapkan peringatan 25 tahun penyerahan kota itu ke Tiongkok pada 1 Juli. Sebuah acara yang kemungkinan besar, akan dihadiri oleh Presiden China Xi Jinping.

Di tengah lonjakan jumlah kasus, kota ini belum siap untuk kembali menutup semuanya karena sebelumnya telah menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar selama periode dua tahun ketika seluruh dunia sedang mengalami pandemi.

Dengan sebagian besar kasus menunjukkan gejala ringan, dengan pengecualian sangat sedikit kasus parah, tidak ada kematian baru, dan sekitar 88 persen dari populasi kota yang divaksinasi, Hong Kong yakin akan menghadapi situasi saat ini.