Perkuat Layanan di Musim Mudik, XL Axiata Tingkatkan Kapasitas 3 Kali Lipat

Oleh : Ridwan | Selasa, 20 Juni 2017 - 16:14 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT XL Axiata Tbk (EXCL) pada musim mudik tahun ini telah mempersiapkan infrastruktur pada sejumlah ruas jalan tol baru, termasuk jalan tol yang masih bersifat fungsional. Persiapan yang sudah dilakukan antara lain, pemasangan mobile BTS (MBTS) dengan kemampuan mendukung jaringan 4G di seluruh lokasi.

Vice Presiden Service Operation Management XL, I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya telah melakukan uji coba di semua ruas tol baru yang ada di sejumlah ruas di Jawa tengah dan Jawa Timur, serta di ruas tol baru di Medan-Kuala Namu.

"Sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam tahap pembangunan, sehingga infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan disepanjang jalan tol baru tersebut," ungkap I gede Darmayusa melalui keterangan tertulisnya di Jakarta (20/6/2017).

Diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut, yang berarti akan ada kebutuhan atas ketersediaan layana telekomunikasi dan data.

"Total lebih dari 30 unit MBTS yang kami kerahkan secara khusus dalam rangka antisipasi kebutuhan selama Lebaran ini," terangnya.

Ia menambahkan, untuk menjaga kualitas jaringan dan layanan, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan sebesar 2-3 kali lipat di beberapa lokasi mudik. "Dengan penambahan kapasitas tersebut, kami optimis akan mampu mengatasi terjadinya lonjakan trafik yang signifikan," imbuhnya.

XL Axiata juga melakukan penguatan jaringan terutama di lokasi-lokasi yang berpotensi menjadi titik-titik kepadatan masyarakat, baik dalam rangka mudik atau berlibur di berbagai daerah di Indonesia.