Masuk 10 Destinasi Branding, Bandung Andalkan Wisata Kuliner dan Fesyen

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 15 Juni 2017 - 17:05 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kota Bandung yang terkenal akan kesejukan cuaca ini masuk menjadi salah satu 10 Destinasi Branding Kementerian Pariwisata. Bandung, merupakan salah satu kota dimana banyak wisatawan yang berkunjung ke sana pada waktu Sabtu atau Minggu, terutama wisatawan asal Jakarta yang jaraknya tidak begitu jauh, hanya sekitar dua hingga tiga jam untuk sampai di Bandung.

Dalam sambutannya, Oded Muhammad Danial, Wakil Walikota Bandung mengatakan, "Kami ingin kembangkan destinasi di kota Bandung dengan keterbatasan yang ada," ujar Oded dalam launching The 10 Destination Brandings yang berlangsung di Balairung Seosilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Ia mengungkapkan, Bandung tidak punya laut, tidak punya juga wisata alam jadi Bandung memang benar-benar kota. Tetapi, menariknya kita mengandalkan fesyen dan kulinernya, ada budaya tapi sedikit.

Adapun upaya dari pemerintah daerah Kota Bandung untuk terus mengembangkan wisatanya, terbukti sudah mempunyao 10 museum, 80 tempat hiburan, 160 bangunan cagar budaya yang sudah terdaftar dan ada 120 kafe atau macam kuliner serta 20 taman kota tematik.

Selain itu,  rencana ke depan untuk terus membangun wisata di Bandung, yakni dengan membangun kearifan dengan membangun Museum Budaya Bandung, Rumah Budaya yang saat ini sedang dibangun, dan dengan keterbatasan ini, Bandung bisa menjadi sebagai kota wisata.

"Saya berharap, dengan Bandung masuk bagian 10 Destinasi Branding, mudah-mudahan potensi wisata yang Kami punya bisa terus dikembangkan," pungkas Oded Muhammad Danial.

Kesepuluh destinasi pariwisata dengan branding baru tersebut antara lain adalah Bandung (Jawa Barat),  Great Bali, Great Jakarta, Great Kepri, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Medan, Makassar, Lombok, dan Banyuwangi.