Nikmatnya Kue Balok Menes Khas Pandeglang, Cocok Sebagai Menu Buka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 11 April 2022 - 13:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Selain memiliki destinasi wisata yang Indah, Pandeglang, Banten juga mempunyai kuliner tradisional yang memiliki cita rasa yang begitu nikmat. Salah satu kuliner yang terkenal yaitu kue balok khas Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jawa Barat. 

Kue balok ini rasanya mirip getuk yang ditaburi bawang goreng dan serundeng sebagai topingnya. Bahan dasar untuk membuat kue balok ini menggunakan singkong jenis roti. 

Untuk membuatnya, siapkan singkong dikukus kurang lebih satu jam kemudian ditumbuk menggunakan alat halu (tongkat kayu lonjong panjang) dan dulang (kayu yang ada lingkaran cekung di tengah). Singkong tersebut ditumbuh sekitar 15 menit. Setelah halus baru lah dicetak persegi menyerupai balok dan ditaburi toping.

Keunikan dari kue balok Menes adalah cara membungkusnya yang menggunakan daun pisang dan daun pinang sebagai tempat cetakannya. Kue balok Menes dijual dengan harga Rp3 ribu hingga Rp5 ribuan tergantung pesanan dan ukuran.

Kue balok Menes biasanya disantap oleh masyarakat setempat dengan ditemani teh hangat atau air jahe, kombinasi ini semakin menambah kenikmatan kue yang banyak ditemukan di pasar tradisional di wilayah Pandeglang. Apalagi disantap sebagai menu berbuka puasa. Biasanya, warga mencari kue balok untuk dijadikan takjil yang nikmat.