Semarak Pasar Ramadan Meriahkan Kabupaten Penajam, Kaltim

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 10 Juni 2017 - 03:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Kalimantan Timur - Bulan Ramadan, pasti banyak sekali pasar-pasar bahkan bazar dadakan yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Salah satunya di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Kami mencatat, sebanyak 15 pasar Ramadan di empat kecamatan ramaikan suasan Ramadan 1438 hijriah di sini," ujar Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli, di Penajam, Jumat, (9/6/2017)

Menurut Dia, pada tahun ini Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara tidak mengelola pasar Ramadan.

Hingga saat ini, terpantau ada 15 pasar Ramadan yang didirikan masyarakat di empat kecamatan secara kelompok.

"Adapun beberapa titik pasar Ramadan tersebut, yakni ada lima di Kecamatan Penajam, Waru tiga titik, Babulu empat titik, dan di Kecamatan Sepaku ada tiga titik pasar Ramadhan," sambungnya.

Jumlah itu belum termasuk penjual makanan dan minuman dadakan individual yang biasa ditemui di pinggir jalan raya, katanya.

Rusli menyatakan jumlah pedagang yang menjual jajanan khas untuk berbuka puasa di wilayah Penajam Paser Utara pada 2017 lebih banyak dibanding tahun lalu.

"Karena bukan dikelola oleh Disperindagkop UKM, pasar yang dikelola masyarakat harus ikut aturan," tambah Rusli.

Untuk syarat utama, lokasi pasar Ramadan adalah tidak mengganggu ketertiban umum atau masyarakat, terutama pada kelancaran arus lalu lintas.

"Pasar Ramadan di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah pasar yang menjual kebutuhan berbuka puasa, menjadi unik karena selalu menjual jajanan yang sehari-hari di luar saat Ramadhan sulit didapatkan," pungkasnya, Rusli. (Ant)