ANTAM Masuk Dalam Indeks ESG Sector Leaders dan ESGQ 45 IDX KEHATI

Oleh : Hariyanto | Jumat, 31 Desember 2021 - 14:48 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) masuk menjadi bagian dari Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI dan Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode perdagangan 20 Desember 2021 sampai dengan 31 Mei 2022.

"Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI merupakan Indeks yang berisikan saham-saham dengan hasil penilaian kinerja ESG di atas rata-rata sektornya serta memiliki likuiditas yang baik," tulis Corporate Secretary ANTAM, Yulan Kustiyan dalam keterangan tertulisnya yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (31/12/2021).

"Sedangkan Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI merupakan Indeks yang berisikan 45 saham terbaik dari hasil penilaian kinerja ESG dan kualitas keuangan perusahaan serta memiliki likuiditas yang baik," lanjutnya.

Kedua Indeks tersebut diluncurkan dan dikelola oleh BEI bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI).

Selain itu, ANTAM tetap menjadi bagian Indeks MSCI Global Standard dari Indonesia. MSCI adalah indeks yang diterbitkan oleh Morgan Stanley Capital International untuk mengukur kinerja pasar di wilayah tertentu yang ditetapkan sesuai standar perhitungan MSCI.

Masuknya saham ANTAM pada Indeks ESG Sector Leaders IDX KEHATI dan Indeks ESG Quality 45 IDX KEHATI mencerminkan apresiasi positif para pemegang saham terhadap kinerja lingkungan, sosial, dan tata kelola yang telah dijalankan Perusahaan secara berkelanjutan.

ANTAM senantiasa memastikan kesinambungan kinerja ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk keberlanjutan Perusahaan dan memberikan imbal hasil positif dan kinerja terbaik bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan.

Saham ANTAM setiap harinya aktif diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, pada akhir November 2021 harga penutupan saham ANTAM tercatat sebesar Rp2.300 per saham.

Kinerja saham ANTAM yang positif tercermin pula dari rata-rata volume perdagangan saham harian sampai dengan November 2021 yang mencapai 278,44 juta saham dengan rata-rata nilai transaksi harian saham sampai dengan November 2021 mencapai Rp720,16 miliar.

ANTAM mencatatkan nilai kapitalisasi pasar pada akhir November 2021 sebesar Rp55,27 triliun dengan jumlah pemegang saham mencapai 204.409 pemegang saham.